oleh

Bangga Dengan Geliat UMKM Kota Mangga, Menkop UMKM Pastikan BLT UMKM Berjalan Lancar

INDRAMAYU – Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Drs Teten Masduki mengapresiasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Indramayu. Ia bahkan mengaku sangat bangga, dengan geliat UMKM di Bumi Wiralodra.

Pernyataan ini disampaikan Menkop UMKM, Drs Teten Masduki saat melakukan kunjungan kerja ke industri rumah tangga (IRT) pengolahan Tahu Pong di Desa Sekarmulya Kecamatan Gabuswetan, Kamis (10/09). Tidak hanya di Kabupaten Indramayu, pangsa pasar camilan khas Kota Mangga ini bahkan telah merambah hingga ke Ibu Kota, Jakarta.

“Saýa bangga karena Indramayu punya camilan khas Tahu Pong. Di masa pandemi Covid-19, UMKM seperti ini turit berperan serta mengaktifkan roda perekonomian masyarakat,” ujarnya di sela-sela kunjungan.

Menurutnya, di situasi sulit akibat pandemi Covid-19, pemerintah berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM. 260 juta penduduk Indonesia menjadi pangsa pasar yang sangat potensial untuk memajukan UMKM.

“UMKM harus menjadi andalan terdepan. Untuk itu, kesadaran konsumen agar peduli dengan produk-produk lokal harus terus ditingkatkan,” tegasnya.

Komitmen pemerintah, lanjutnya, diwujudkan dengan digulirkannya bantuan langsung tunai (BLT) bagi UMKM di seluruh Indonesia. Bantuan ini diharapkan dapat memperkuat para pelaku UMKM, agar tetap bertahan dan terus mengembangkan diri di tengah goncangan pandemi Covid-19.

“Untuk Kabupaten Indramayu, sebanyak 15.834 UMKM telah memperoleh bantuan senilai Rp2,4 juta. Bantuan stimulan ini, diharapkan mampu mengembangkan usaha para pelaku UMKM Indramayu. Dan saya ingin pastikan program berjalan sesuai rencana dengan melihat dan terjun langsung ke lapangan,” pungkasnya.(dun)

News Feed