oleh

Angkat Pelestarian Budaya Batik, Jian Al Ma’arij Ajarkan Generasi Muda Membatik

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan putra-putri terbaik Kabupaten Indramayu. Jian Al Ma’Arij terpilih sebagai Pemuda Pelopor Jawa Barat tahun 2020. Atas prestasinya tersebut, Jian Al Ma’Arij berhak mewakili Jawa Barat pada seleksi pemuda pelopor tingkat nasional tahun 2020.

UTOYO PRIE ACHDI, Indramayu

SOSOK Jian Al Ma’Arij telah mengangkat Kabupaten Indramayu di tingkat Jawa Barat. Ia berhasil terpilih sebagai Pemuda Pelopor 2020 bidang agama, sosial dan budaya setelah menyisihkan nominasi lainnya di seluruh Provinsi Jawa Barat. Jian berhak mengikuti seleksi pemuda pelopor tingkat nasional.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Indramayu, Drs Jahirin MSi menjelaskan, sebelum menjadi pemuda pelopor tingkat Provinsi Jawa Barat, Jian Al Ma’Arij telah melakukan seleksi pada tingkat Kabupaten Indramayu. Seleksi yang dilakukan melalui media sosial pada tanggal 13 – 20 Juli 2020 tersebut mendapatkan apresiasi dari para pemuda di Kabupaten Indramayu.

Pada seleksi tersebut, terdapat 5 bidang dan 5 pemuda pelopor yang lolos seleksi, yakni bidang pendidikan (Bayu Saputra), bidang agama, sosial dan budaya (Jian Al Ma’Arij), bidang pangan (Mohamad Ariffudin), bidang pengelolaan sumber daya alam dan pariwisata (Yuni Rahayu), bidang pangan dan inovasi teknologi (Nur Komala Sari).

“Dalam penilaian ini karena masih berlangsung pandemi Covid-19, pada seleksi tingkat Provinsi Jawa Barat dilakukan melalui video dan proposal,” kata Jahirin.

Sementara itu PPTK Kegiatan Pemuda Pelopor, Media Heriyanto mengatakan, Jian Al Ma’Arij menjadi pemuda pelopor setelah karya yang dihadirkan sangat menggugah para dewan juri yakni ‘Pelestarian Budaya Batik di Kabupaten Indramayu’.

Jian mengembangkan dan mengajarkan budaya membatik kepada generasi muda dari usia TK, SD, SMP, SMA sampai pemuda. Dengan teknik membatik (ekspresif) motifnya sesuai keinginan peserta. “Jadi diharapkan mereka mau membatik dan membuat motif sesuka hatinya atau bebas berekspresi. Dengan menggunakan pewarna alam dari pohon, daun mangga,” tutur Media.

Diraihnya Juara Pemuda Pelopor di Tingkat Provinsi Jawa Barat ini, diharapkan menjadi motivasi untuk menumbuh kembangkan kreativitas  pemuda di Kabupaten Indramayu.

“Mohon doanya kepada seluruh masyarakat Indramayu supaya Jian ini menjadi juara Pemuda Pelopor tahun 2020 tingkat Nasional,” kata Media.(*)

News Feed