oleh

Amin Siap Kawal Pilkada

-Indramayu-1.357 views

INDRAMAYU- Aliansi Muda Indramayu (Amin) menggelar deklarasi mengawal pilkada, Selasa (8/9). Koordinator Bidang Politik Amin, Bahrul Ulum mengatakan, pilkada yang akan dihelat pada 9 Desember 2020 merupakan ajang untuk memilah dan memilih pemimpin berintegritas untuk kemajuan daerah.

Untuk itu, Bahrul Ulum menyatakan, bersama masyarakat akan mengawal pilkada agar kompetisi lima tahunan ini berjalan demokratis dan berintegritas.

“Kompetisi yang sehat dalam berdemokrasi adalah kunci melahirkan yang berintegritas,” katanya di sela acara deklarasi.

Dikatakan Bahrul Ulum, kehadiran Amin juga untuk mendongkrak partisipasi pemilih, khususnya dari kaum milenial. Pasalnya, minimnya partisipasi kaum milenial membuat partisipasi pemilih saat pemilihan kepala daerah di Indramayu cukup memprihatinkan.

Dijelaskan Bahrul Ulum, tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada 2015 di Kabupaten Indramayu hanya 63 %. Kondisi lebih parah, lanjutnya, saat Pilgub Jabar dimana partisipasi pemilih di Indramayu hanya 58,2 %.

“Ada berbagai faktor yang melatar belakangi hal itu semua. Maka dari itu kehadiran kami ini ingin mendokrak suara dari kaum melenial di Pilkada Indramayu tahun ini,” ujarnya

Suguhan politik yang monoton, lanjutnya, menjadi salah satu faktor minimnya kesadaran masyarakat khususnya milenial untuk berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah.

Ditambah lagi, kata Bahrul Ulum, kondisi saat ini masih pandemi Covid-19, sehingga menjadi tantangan sendiri bagi penyelenggara pilkada dan stakeholder terkait. “Masa pandemi Covid- 19 menjadi kekhawatiran banyak pihak akan berdampak semakin menurunnya partisipasi pemilih. Berangkat dari kegelisahan itu, kami melakukan deklarasi untuk mengawal pilkada dan meningkatkan partisipasi pemilih terutama milenial,” tuturnya.

Bahrul menegaskan, pentingnya peran generasi muda untuk bersama menyukseskan Pilkada yang demokratis dengan mengajak semua pihak untuk menyambut pesta demokrasi dengan riang gembira.

“Untuk mewujudkan itu, kami akan mengedukasi masyarakat untuk menjadi pemilih cerdas dengan mengenai visi dan misi pasangan claon, mengawasi perjalanan pilkada agar jujur, adil, tertib, aman, bersih dan bermartabat. Kami juga mengajak masyarakat menolak segala politik uang,” tukasnya. (oni)

News Feed