oleh

Forkopimka Juntinyuat Gelar Sosialisasi Deradikalisasi dan Netralitas ASN

INDRAMAYU – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Juntinyuat menggelar sosialisasi deradikalisasi dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Jumat (4/9). Kegiatan yang digelar di Aula Bima Sakti Kecamatan Juntinyuat ini dilaksanakan sebagai bentuk antisipasi gerakan radikalisme dan terorisme, jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

“Kegiatan ini mengantisipasi radikalisasi dan menegaskan netralitas ASN di wilayah Kecamatan Juntinyuat. Sebenarnya sudah dijadwalkan sejak beberapa bulan lalu, namun karena terbentur aturan pencegahan Covid-19, kegiatan baru bisa dilaksanakan sekarang. Namun tetap dalam protokol kesehatan yang ketat,” tutur Camat Juntinyuat, Drs Muhammad Nurul Huda Msi.

Ia menyebutkan, indikasi radikalisme telah ada di wilayah 3 Cirebon. Untuk itu diperlukan upaya antisipasi, agar tidak masuk ke wilayah di Kabupaten Indramayu, khususnya wilayah Kecamatan Juntinyuat.

“Paparan dari pemateri, gerakan radikalisme sudah sampai wilayah tetangga di Cirebon. Kita semua berharap jangan sampai masuk ke Indramayu, khususnya Juntinyuat. Karena gerakan ini sangat berbahaya dan berpotensi mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat, terlebih jelang pelaksanaan Pilkada ini,” imbuhnya.

Terkait netralitas ASN, ia meminta agar para Abdi Negara ini tetap fokus dalam mengutamakan pelayanan publik. Mereka tidak diperkenankan untuk berpihak kepada salah satu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, pada Pilkada 9 Desember mendatang.

“Untuk seluruh ASN, saya mengimbau agar selalu mengutamakan pelayanan publik. Biarlah proses politik ini berjalan dengan semestinya. Karena siapapun yang akan memimpin Indramayu, kita harus hormati dan yakini sebagai takdir terbaik yang sudah digariskan oleh Allah SWT,” tandasnya.

Sosialisasi deradikalisasi dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) ini menghadirkan Dosen STKIP Pangeran Dharma Kusuma (Padhaku) Segeran Kidul sekaligus aktivis Pimpinan Cabang (PC) Ansor Kabupaten Indramayu, Ahmad Rifai dan Komisioner Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan Juntinyuat, Ahmad Syauqi. Selain pemaparan materi, sesi dialog dilakukan untuk memperdalam pemahaman materi.

Kegiatan diikuti tamu undangan dari kalangan ASN, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) serta sejumlah perwakilan masyarakat. Turut hadir Kapolsek Juntinyuat, AKP Budiyanto SH. Kegiatan ditutup dengan doa bersama, untuk kesuksesan penyelenggaraan Pilkada 2020. (Jml)

News Feed