oleh

Ribuan Rakyat Majengan Kang Toto-Deis

-Headline, Indramayu-2.563 views

PASANGAN calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen Toto Sucartono dan Deis Handika (Toska), menarik perhatian masyarakat Indramayu. Pasalnya, tercatat dalam sejarah demokrasi di Kabupaten Indramayu, satu-satunya calon independen dalam kontestasi Pilkada Indramayu yang langsung mendapat rekomendasi dari masyarakat. Tak heran apabila masyarakat  dengan sukarela membantu sekuat tenaga untuk kesuksesan pasangan Toska.

Hal ini dibuktikan dengan persiapan masyarakat yang memberikan dukungan penuh. Satu hari sebelum pendaftaran, sejumlah masyarakat dengan cara bergotong royong menyiapkan keperluan pendaftaran. Mereka dengan cara patungan untuk membuat makan sebagai bekal dalam mengantar Kang Toto. Sejalan dengan budaya di tengah masyarakat yaitu Rakyat Majengan 69.

DOA BERSAMA: Tokoh ulama Indramayu KH Marsudi Marfu berdoa bersama saat melepas pasangan Toto-Deis di Masjid Islamic Centre.

“Rakyat majengan ini adalah budaya masyarakat yang sampai sekarang masih melekat. Makanya saya bersama masyarakat ingin benar-benar majengan atau membantu sebisanya,” jelas Maesunah (50), warga Jatibarang kepada Radar.

Dijelaskannya, ia berangkat pagi-pagi sekitar pukul 06.00 WIB dari Jatibarang. Saya rela bawa bekal sendiri dan ongkos bensin sendiri. Saya kesini bareng suami boncengan satu motor. Biar desak-desakan dan panas-panasan asal demi Kang Toto jadi Bupati Indramayu,” tuturnya.

JUMPA PERS: Pasangan Toska jumpa pers usai berkas pendaptaran dinyatakan lengkap oleh KPU.

Dukungan juga datang dari kaum milenial  di Indramayu. Salah seorang milenial, Indri menyatakan, dirinya optimis kepada Paslon Toska karena sudah terbukti karir Toto Sucartono dan Deis Handika telah menjadi pengusaha sukses. Berbekal pengalaman itu, dia yakin Kang Toto mampu membuka lapangan pekerjaan lebih banyak di Indramayu.

“Harapan saya sih, Kang Toto bisa membuka lapangan pekerjaan untuk kaum milenial lebih luas lagi. Apalagi untuk anak-anak SMK, kita semua butuh itu. Saya juga mendengar salah satu program mercusuar Kang Toto adalah membuka Disneyland di Indramayu bekerja sama dengan pengusaha asal Qatar,” tandasnya.

ANTUSIAS: Ribuan pendukung dari seluruh penjuru desa di Indramayu rela mengantarkan Kang Toto-Deis ke KPU. Mereka sukarela dengan membawa bekal sendiri dari rumah.

Indri menegaskan, dukungannya itu tidak ada mahar atau dana apapun. Mereka yang tergabung dalam Smile adalah relawan murni untuk Kang Toto-Deis. Berangkat dari kesadaran mendukung dengan tulus tanpa imbalan sama sekali.

Pantauan di lapangan, pasangan Toska dilepas oleh ribuan relawan di Masjid Islamic Centre Indramayu menuju KPU Indramayu, Minggu (6/9). Jalan raya menuju KPU benar-benar padat berayap karena ribuan pendukung Kang Toto mengarak hingga sampai ke KPU.

MASAK: Emak-emak majengan Kang Toto untuk makan para pendukung.

Pasangan Toto-Deis menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pendukung  yang benar-benar dengan suka rela. Mereka ikut tanpa dibiayai atau mendapat uang bensin, tapi datang dengan cara sukarela. “Kami sendiri tidak menyuruh dan mereka hanya ingin majengan atau ngobeng. Ini bukti bahwa saya maju dapat rekom dari maeyarakat, bukan dari partai,” pungkasnya. (adv)

News Feed