oleh

KWT Dilatih Cara Bertanam Media Polibag

-Indramayu-157 views

INDRAMAYU- Untuk memaksimalkan peranan Kelompok Tani Wanita (KWT), dalam memanfaatkan lahan pekarangan rumah, KWT Secawati, Kecamatan Jatibarang di latih cara bertanam menggunakan media polibag, kemarin (4/9).

Penyuluh Pertanian Kecamatan Jatibarang, Evi Vigiana SP mengatakan pelatihan teknik cara bertaman bagi anggota KWT, adalah langkah meningkatkan kemampuan KWT dalam memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang terbatas, dengan tanaman yang bermanfaat dari segi kandungan gizi untuk konsumsi dan ekonomi.

“Media polibag ini jadi alternatif pemanfaatan halaman atau teras rumah anggota kelompok KWT, bisa lebih bermanfaat, dan punya kemahiran bercocok tanam,” ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut, para anggota KWT Secawati diberikan bagaimana teknik mengisi tanah yang tercampur pupuk kedalam polibag, dan memasukkan benih atau bibit tanaman yang baik. Agar tumbuh dengan baik dan subur, serta memperoleh hasil yang diinginkan.

Hal itu juga sebagai upaya mewujudkan kawasan rumah pangan lestari di setiap anggota kelompok wanita tani (KWT), menambah keterampilan anggota KWT bertanam secara mandiri, menyulap teras atau pekarangan rumah menjadi lebih produktif dengan tanaman yang dapat dikonsumsi sebagai tambahan gizi, atau tanaman obat keluarga.

“Prioritas tanaman yang bisa dikonsumsi baik itu sebagai tambahan gizi keluarga, maupun tanaman yang bisa sebagai bahan alami obat,” tuturnya.

Sementara itu, ketua KWT Secawati Sumiyati mengatakan, pelatihan cara bertanam menggunakan  media polibag, anggota KWT mendapat pengalaman baru, lebih terampil dalam bercocok tanam. Berbekal kemampuan tersebut, kegiatan KWT bukan sebatas mengolah hasil pertanian menjadi produk olahan. Tetapi bisa terjun langsung bercocok tanam, meski hanya di lahan yang terbatas.

“Jadi program KWT Secawati, anggota kita akan arahkan tanaman yang di kembangkan tanaman hortikultural, dan tanaman obat yang bermanfaat,” ujarnya. (oni)

News Feed