oleh

Normalisasi Saluran Irigasi

-Indramayu-110 views

INDRAMAYU-Pemerintah Desa Bongas melaksanakan Padat Karya Tunai (PKT) dalam pelaksanaan anggaran Dana Desa (DD). Ratusan petani dilibatkan dalam program yang diwujudkan melalui kegiatan normalisasi saluran irigasi pertanian.

Tak hanya rehabilitasi jaringan irigasi. Kegiatan PKT lainnya yakni bersih-bersih lingkungan serta Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) yang melibatkan puluhan warga.

“Dua kegiatan ini masih akan terus berlangsung secara bertahap dan direncanakan sampai bulan September mendatang,” kata Kewu Desa Bongas, Kadir kepada Radar, Minggu (30/8).

Pelaksanaan normalisasi saluran irigasi, lanjutnya, untuk memperlancar pasokan air ke sawah, sampai menjelang musim panen tiba. Lokasinya berada di wilayah area persawahan di dua blok, yaitu Blok Pentil dan Penanggul dengan panjang mencapai 19 kilometer.

Demikian pula dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Menyasar wilayah pemukiman penduduk yang tersebar di dua blok tersebut.

Kuwu Kadir mengungkapkan, dua kegiatan PKT ini sudah menjadi agenda tetap Pemerintah Desa Bongas. Dilaksanakan 4 kali dalam setahun. Kegiatan inipun sejalan dengan aspirasi masyarakat pada pelaksanaan Musyawarah Dusun (Musdus) yang diadakan BPD Bongas.

“Fokusnya pembenahan infrastruktur pertanian, terutama saluran irigasi. Ini penting sekali bagi masyarakat kami yang mayoritas petani. Supaya saat musim kemarau ini aliran air lancar. Dimusim hujan nanti, debit air lebih banyak,” terangnya.

Kuwu Kadir menyatakan, program PKT dari DD ini sangat bermanfaat bagi masyarakatnya. Selain membantu pembangunan infrasturktur desa, masyarakat setempat juga bisa mendapat manfaat ekonomi dari pengerjaan kegiatan tersebut. Terlebih dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Melalui program PKT dengan model cash for work ini memberikan kesempatan kerja dan tambahan penghasilan bagi warga dan petani kami. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” tandasnya. (kho)

News Feed