oleh

Sulap Rumdin Jadi Tempat Khitan Anak Gakin

-Indramayu-119 views

INDRAMAYU – Kepolisian Resort Indramayu Sektor Losarang mengadakan bakti sosial khitanan bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu, Jumat (28/8). Pesertanya cuma tiga anak, masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Rehan (8), Agus Ramadhan (10) sama Rizki Aula (9).

Rehan dan Agus Ramadhan, merupakan anak dari pasangan suami istri Sarliyah (46) dan Verawati (38) warga Desa Santing. Sedangkan Rizki Aula, putra dari Carsiman (53) dan Ranenti (42) warga Desa Krimun.

Ada sekelumit cerita haru dari pelaksanaan khitanan dadakan ketiga anak dari keluarga miskin (gakin) itu. Yang sampai-sampai rumah dinas (rumdin) Kapolsek Losarang, Kompol H Mashudi SH MH disulap menjadi tempat khitanan.

Bermula dari kegiatan rutin Kompol Mashudi dan jajarannya melaksanakan safari Kamtibmas ke desa-desa. Lalu melihat ada sebuah rumah yang kondisinya memprihatinkan. Rumah di blok Koplak RT 002 RW 001 Desa Santing itu dihuni pasutri Sarliyah dan Verawati.

Kompol Mashudi mampir lalu ngobrol-ngobrol. Lantas terungkap, jika kedua anak mereka Rehan dan Agus Ramadhan yang masih duduk di kelas 2 dan 4 SD itu belum disunat. Sudah pernah didaftarkan menjadi peserta khitanan massal, tapi tidak bisa diakomodir. Lantaran terbatasnya kuota.

Lain lagi cerita dari Carsiman dan Ranenti. Anaknya Rizki Aula yang masih kelas 3 SD, sudah lama merengek-rengek minta disunat. Gegara malu diledekin teman-temannya. Tapi orang tuanya belum mampu.

“Jadi saya ikut kepikiran. Pengen bantu, ya sudah kita dadakan bikin acara khitanan khusus buat ketiga anak itu. Pertimbangannya karena memang orang tua mereka benar-benar belum mampu ekonominya. Terlebih dimasa pandemi Covid-19 ini,” tutur Kompol Mashudi.

Pihaknya pun kemudian meminta jajaran untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Menyulap rumdin dengan aneka pernak-pernik pesta ulang tahun. Agar tampak semarak. Demi membahagiakan anak-anak yang dikhitan.

Rekan-rekan Muspika Losarang, Kuwu, MUI serta Dai Kamtibmas juga diundang. Untuk bersama-sama menyaksikan dan memberikan selamat serta doa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Termasuk petugas medis dari Puskesmas Cemara Kulon. Diundang secara khusus untuk menyunat ketiga anak tersebut.

Prosesi khitanan berlangsung sekitar 2 jam, selesai sebelum adzan salat Jumat berkumandang. Selanjutnya petugas Polsek Losarang, mengantarkan ketiga pengantin sunat itu ke rumah kediaman orang tuanya masing-masing.

Kompol Mashudi mengaku bahagia. Jajaran Polsek Losarang pun merasakan kebahagiaan yang sama. Melihat ketiga anak dan orang tua mereka senang bukan kepalang. Bisa sunatan di Rumdin Kapolsek. (kho)

News Feed