oleh

Cama STIT-STKIP Ikuti Tes Potensi Akademik

-Indramayu-139 views

INDRAMAYU-Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIT-STKIP) Al Amin Indramayu menggelar tes potensi akademik (TPA), Senin (24/8).

Pesertanya sebanyak 185 calon mahasiwa (cama) baru tahun akademik 2020-2021. Terbagi dalam dua sesi, mereka wajib menyelesaikan soal TPA meliputi inteligensi umum, tes karakteristik pribadi dan pengetahuan bidang program studi.

“TPA ini wajib diikuti semua calon mahasiswa baru. Tujuan akademis adalah sebagai parameter awal dalam pemetaan kompetensi calon mahasiswa. Tujuan praktisnya untuk prioritas calon mahasiswa yang dapat memperoleh beasiswa,” terang Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Drs Dulwahid MPdI didampingi Pembantu Ketua I Sarwa SS MM MPd.

Dulwahid memaparkan, tahun akademik 2020–2021 merupakan tahun peningkatan kepercayaan khsusunya masyarakat Kabupaten Indramayu serta di wilayah III Cirebon terhadap STIT- STKIP Al Amin.

Hal ini dibuktikan, meski ditengah pandemi Covid-19, jumlah pendaftar membludak hingga 300 persen. Lantaran itu, PMB sampai harus melakukan seleksi ketat sehingga hanya sebanyak 185 calon mahasiswa baru yang bisa mengikuti TPA.

Calon mahasiswa itu tersebar pada program studi Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang ada di STIT.

Sedangkan di STKIP yaitu progran studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Bahasa Inggris. Dengan jenjang pendidikan seluruh prodi adalah Strata 1 (S1).

Ketua STIT DR H Ahmad MAg didampingi Ketua STKIP DR H Masduki Duryat MPdI menjekasnakan, peningkatan jumlah mahasiswa baru seiring komitmen dalam kontribusinya mempersiapkan sumber daya manusia khususnya dalam bidang pendidikan yang unggul, kompetitif dan religius.

Apalagi, seluruh program studi di STIT-STKIP Al Amin telah terakreditasi BAN-PT. Sehingga berbagai jenis beasiswa baik bersumber dari kementerian, pemerintah daerah, lembaga relasi perguruan tinggi siap untuk didistribusikan kepada calon mahasiswa. Dijelaskan Masduki, berbagai jenis beasiswa yang tersedia diantaranya KIP Kuliah dari Kemendikbud dan Kemenag, KIP Kuliah Aspirasi, Peningkatan Prestasi Akademik, Tahfiz Alquran dan berbagai beasiswa hibah lainnya.

Banyaknya jenis beasiswa yang ditawarkan akan lebih memberikan kesempatan yang sama pada tiap calon mahasiswa untuk memperoleh beasiswa. Sebagai dasar utama dalam penetapan calon penerima beasiswa, maka salah satunya adalah melalui TPA dan interview bagi yang dinyatakan lolos.

“Kami terus berkomitmen akan menjaga kredibilitas STIT-STKIP Al Amin sehingga dapat menjaga amanah masyarakat dengan baik dalam mewujudkan SDM yang unggul, kompetitif dan religius khususnya dalam bidang pendidikan,” tegas DR Ahmad. (kho)

News Feed