oleh

Raih Penghargaan Kabupaten dengan Produksi Beras Tertinggi

Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2020 membawa berkah tersendiri bagi Kabupaten Indramayu. Pasalnya, Kabupaten Indramayu menerima penghargaan dari Menteri Pertanian sebagai Kabupaten dengan Produksi Beras Tertinggi di Indonesia. Seperti apakah?

UTOYO PRIE ACHDI, Indramayu

KABUPATEN Indramayu masih menjadi daerah lumbung padi nasional di Jawa Barat. Jadi penghargaan ini tentunya bukan hal yang aneh. Lalu berapa produksi beras di Kabupaten Indramayu hingga bisa meraih penghargaan tingkat nasional ini? Bagaimana peran pemkab setempat?

Informasi yang diperolah Radar, penghargaan diberikan kepada Kabupaten Indramayu karena pada tahun 2019 lalu, Kementerian Pertanian (Kementan) menilai Indramayu mampu memproduksi padi sebanyak 1.376.429 ton gabah kering giling (GKG). Sedangkan produksi beras sebanyak 789.657 ton. Dalam catatan Kementan,  produksi padi Kabupaten Indramayu ini merupakan paling tertinggi di Indonesia. Jadi layak diapresiasi.

Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat menegaskan, dalam upaya pencapaian target produksi beras dan padi, Pemkab Indramayu telah mengeluarkan Perda Nomor 16 Tahun 2013 tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Dalam regulasi tersebut Pemkab Indramayu mengatur lahan pertanian abadi yang bertujuan untuk  agar melindungi lahan, serta tidak terjadi alih fungsi lahan pertanian.

Di sisi lain, ujar Taufik, untuk pencapaian target produksi tersebut masih ditemukan berbagai kendala di lapangan seperti sistem irigasi, ketersediaan stok pupuk, dan lainnya.

“Berbagai kendala yang muncul di sektor pertanian secara perlahan kita terus lakukan upaya perbaikan. Bukan hanya target produksi yang kita kejar. Namun lebih dari itu, kita berharap ini berbanding lurus dengan kesejahteraan para petani di Kabupaten Indramayu,” tegas Taufik.

Sementara itu, penyerahan penghargaan telah dilakukan oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo kepada Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, H Takmid. Prosesi penyerahan berlangsung di Gedung Kementerian Pertanian Jakarta, Senin (17/8). (*)

News Feed