oleh

Perayaan HUT ke-75 RI Sesuai Protokol Kesehatan

INDRAMAYU-Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di tengah pandemi jangan sampai melunturkan rasa nasionalisme. Semua pihak harus membuktikan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang tangguh dan mampu menghadapi berbagai tantangan termasuk pandemi Covid-19.

Hal tersebut ditegaskan Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat SH MSi, ketika menjadi inspektur upacara pada puncak peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Indramayu, Senin (17/8), di Pendopo Indramayu.

Taufik mengatakan, makna kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata, tapi kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk berusaha semaksimal mungkin dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas.

Saat ini, lanjutnya, semua pihak harus fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia.

“Mari kita senantiasa mencintai produk dalam negeri, mengembangkan diri dan bersaing dalam prestasi sebagai bentuk kontribusi dalam mewujudkan Indonesia maju, Jabar juara lahir batin serta Indramayu yang religius, maju, mandiri dan sejahtera,” tegas Taufik.

Sementara itu, pantauan wartawan koran ini, upacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Indramayu kali ini berbeda dari biasanya. Peringatan pada tahun 2020 ini diadakan hanya terpusat di Pendopo Indramayu, dengan jumlah peserta upacara terbatas dan instansi lainnya wajib mengikuti pelaksanaan upacara tersebut secara virtual.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat serta dihadiri oleh seluruh anggota Forum Kounikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sebagai pembaca teks Pancasila yakni Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto, pembaca Pembukaan UUD 1945 oleh Kajari Indramayu Daouglas P Nainggolan, dan pembaca Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Indramayu Syaefudin.

Setelah dilaksanakannya upacara tingkat kabupaten, Forkopimda selanjutnya menghadiri upacara Kemerdekaan di Istana Negara secara virtual. Upacara kemerdekaan tingkat nasional ini juga ikut dihadiri oleh seluruh pimpinan di Indonesia.

Dengan menggunakan pakaian adat daerah masing-masing, para pimpinan daerah menyaksikan proses pengibaran bendera merah putih dan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. D

ipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo upacara kemerdekaan tingkat nasional berjalan secara hikmat dan aman. (oet)

News Feed