oleh

Honor Cair, PPDP Semringah

-Indramayu-1.985 views

INDRAMAYU – Petugas Pendataan Daftar Pemilih (PPDP), semringah. Menyusul cairnya honor dari hasil kerja mereka melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) data hak pilih Pilkada Indramayu 2020.

Pencairannya pun terbilang cepat. Tepat sehari setelah masa kerja mereka dinyatakan habis, Jumat (14/8). Di Kecamatan Kandanghaur dan Gantar, pembagian honor PPDP tidak ditunda-tunda.

Begitu anggaran turun, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) disana langsung menyerahkannya ke Panitai Pemungutan Suara (PPS). Untuk kemudian dibagikan ke seluruh PPDP.

“Siang mulai dibagikan, terus sampai malam. Ditargetkan, sehari tuntas,” kata Ketua PPK Kandanghaur, HG Wisnu Kawirian SH.

Mengenai besaran honor, ia menyebut angkanya sebesar Rp800 ribu, belum dipotong pajak 6 persen. Sehingga total honor yang diterima setiap PPDP adalah Rp752 ribu.

Meski terbilang kecil, honor segitu sangat berarti buat mereka. Terlebih di tengah masa pandemi Covid-19 ini. Mereka yang bekerja di lapangan juga mengalami risiko tinggi terpapar virus.

Lebih penting lagi, pencairan honor yang lancar sangat berpengaruh terhadap semangat kerja PPDP yang nantinya akan dilibatkan dalam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). “Teman-teman PPDP sangat senang sekali. Mereka tambah semangat jika nanti bertugas di KPPS,” katanya.

Ketua PPK Gantar, Carno SPd menambahkan, pembayaran honor bagi sebanyak sebanyak 115 PPDP di Kecamatan Gantar berjalan lancar. Langsung diberikan, tidak melalu transfer ke rekening. “Dari PPS langsung diserahkan ke PPDP. Dijamin tidak ada pemotongan kecuali untuk pajak 6 persen,” jelasnya. (kho)

News Feed