oleh

Habib Luthfi Ajak Perkokoh Persatuan dan Kesatuan

INDRAMAYU – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi, melakukan kunjungan Silaturahmi Kebhinnekaan di Indramayu, Rabu (12/8). Kunjungan diawali di Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan Indramayu, kemudian dilanjutkan ke Vihara Dharma Rahayu, dan Gereja Santo Mikael.

“Tujuan Silaturahmi Kebhinnekaan ini tidak lain untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan umat. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Habib Luthfi.

Habib Luthfi mengatakan, sebagai bangsa yang besar Indonesia sangat menghargai kemajemukan. Namun keberagaman dan kemajemukan itu dibingkai oleh toleransi, dan akan muncul perdamaian dan kerukunan. Sehingga Indonesia menjadi contoh dunia sebagai negara majemuk namun memiliki potensi konflik SARA yang rendah.

Sementara Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat mengatakan, toleransi bagi masyarakat Indramayu merupakan budaya yang telah tumbuh lama dalam kehidupan. Sehingga kerukunan dan keamanan menjadi komitmen semua pihak.

Dikatakan, manusia itu diciptakan berbeda-beda untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan. Ini menjadi dasar bahwa keberagaman merupakan sebuah anugerah yang harus disikapi dengan bijak. “Untuk itu harus dipahami dan diyakini, Kebhinnekaan adalah kekuatan untuk mempersatukan,” tegasnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menegaskan, pihaknya bertekad untuk menjadikan Jawa Barat sebagai Provinsi yang penuh toleransi dan menjadi rumah dari keberagaman. Kegiatan Silaturahmi Kebhinnekaan ini akan terus digelar di berbagai kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.

Kegiatan Silaturahmi Kebhinnekaan ini juga dihadiri Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi, Pangdam III/Siliwangi Nugroho Budi Wiryanyo, Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat, Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto, Ketua DPRD Indramayu, H Syaefudin, serta para undangan dari lintas agama, lintas organisasi, pemuda, dan yang lainnya. (oet)

News Feed