oleh

Embung Sidadadi Bakal Disulap Jadi Lokasi Wisata

-Indramayu-299 views

INDRAMAYU –Pemerintah Desa Sidadadi, Kecamatan Haurgeulis akan mengembangkan Embung Sidadadi sebagai destinasi wisata.

Pasalnya, keberadaan embung tersebut mempunyai potensi cukup bagus. Pemdes akan menjadikan Embung Sidadadi, menjadi wisata alam yang ditopang hamparan areal persawahan yang sangat luas.

Kuwu Sidadadi, H Komarudin mengatakan, wisata alam persawahan Embung Sidadadi diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat Kabupaten Indramayu. Pada embung tersebut juga akan dibuat untuk pemancingan.

Embung Sidadadi dibangun tahun 2016, dengan daya tampung air sebanyak 120 ribu meter kubik. Embung tersebut untuk mengairi areal persawahan seluas 900 hektare.

“Embung Sidadadi, selain fungsi utamanya untuk mengairi areal persawahan, juga akan kita kembangkan menjadi destinasi wisata. Untuk pengembangannya kita lakukan secara bertahap. Kami juga sudah membangun sejumlah sarana penunjangnya,” ujarnya, Kamis (13/8).

Pada bulan Oktober 2020 nanti, pihaknya akan menggelar event lomba mancing mania. Event tersebut selain untuk mengenalkan dan mempromosikan Embung Sidadadi kepada masyarakat sebagai tempat wisata, juga memperingati hari jadi ke-493 Kabupaten Indramayu. “Melalui event mancing mania akan kita gelar nanti, diharapkan bisa menarik masyarakat untuk berkunjung atau berwisata di Embung Sidadadi,” ungkapnya.

Event lomba mancing, kata Komarudin, sebelumnya pernah digelar dan mendapatkan animo dari masyarakat, khususnya yang hobi mancing. Bahkan peserta yang mendaftar melebih target.

“Dari target 300 peserta, ternyata yang mendaftar dan ikut serta ada sebanyak 800 orang. Melihat tingginya animo warga yang mendaftar, event tersebut akan kita adakan lagi. Bahkan, kali ini untuk wilayah III Cirebon, termasuk dari daerah Subang, Karawang dan Purwakarta. Karena pada event kemarin yang digelar awal 2020 ada peserta dari Subang, Karawang dan Purwarakarta. Sarana mancing di Embung Sidadadi kita jadikan andalan untuk menarik wisatawan,” paparnya. (kom)

News Feed