oleh

Koramil 1613 Cikedung Sediakan Wifi Gratis, Bantu Siswa Belajar Secara Daring

INDRAMAYU – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Kabupaten Indramayu masih menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (Daring), imbas pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Namun tidak seluruh siswa, mampu mengikuti kebijakan ini. Karena tidak sedikit dari mereka, yang terkendala jaringan internet yang memadai.

Kondisi seperti ini, mendorong Koramil 1613 Cikedung Indramayu untuk menyediakan jaringan internet. Fasilitas wifi gratis ini, diperuntukkan bagi siswa yang kesulitan untuk mengikuti PJJ karena keterbatasan jaringan internet, khususnya mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

“Wifi gratis yang ada di Makoramil 1613 Cikedung, silakan dipergunakan untuk kegiatan belajar daring atau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sekolah. Gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun”, ungkap Danramil 1613 Cikedung, Kapten Inf Yanto didampingi Bati Tuud Pelda H Rusdi kepada Radar Indramayu, Kamis (13/8).

Program wifi gratis ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap dunia pendidikan di tanah air, khususnya masyarakat yang berada di wilayah teritorial Koramil 1613 Cikedung. Selain membantu mempermudah siswa mengikuti PJJ secara daring, program ini diharapkan bisa menjaga keberlangsungan dunia pendidikan generasi penerus bangsa.

“Kami terpanggil untuk membantu keberlangsungan pendidikan generasi penerus bangsa. Agar mereka bisa terus belajar dan tetap memiliki semangat yang tinggi, untuk menuntut ilmu sebagai bekal kehidupan di masa yang akan datang”, terangnya.

Ditambahkannya, realitas di lapangan menunjukkan masih banyak siswa yang kesulitan mengikuti PJJ karena harus mengeluarkan biaya ekstra untuk pembelian kuota internet. Di sisi lain, terjadi pelemahan ekonomi imbas pandemi Covid-19 yang mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat.

“Ini sejalan dengan perintah Komando Atas, untuk meminimalisi kesulitan dan himpitan ekonomi yang kini dialami masyarakat akibat Covid-19. Sehingga alokasi untuk pembelian kuota internet, bisa dialihkan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak”, tegasnya.

Untuk bisa menggunakan fasilitas yang disediakan di Makoramil 1613 Cikedung, mereka hanya diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Yakni dengan 3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

News Feed