oleh

PPK Maksimalkan Hasil Coklit dari PPDP

-Indramayu-207 views

INDRAMAYU-Tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada Indramayu 2020 segera berakhir.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sukra terus memaksimalkan hasil coklit yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Termasuk, sinkronisasi data dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Ini sebagai langkah kehati-hatian dan antisipasi. Agar kualitas data coklit maksimal,” kata Ketua PPK Sukra, Dulkornen SPdI MM kepada Radar, Selasa (11/8).

PPK dan PPS juga melaksanakan uji petik. Cek lapangan dilakukan menyusul tuntasnya tahapan coklit oleh PPDP. Bersama jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), mendatangi rumah-rumah warga yang sebelumnya telah di coklit.

Bagi warga yang belum tercoklit diimbau untuk segera melapor. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indramayu sendiri telah membuka Posko Pengaduan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu tahun 2020.

Ketua Bawaslu Indramayu, Nurhadi SPd didampingi Kordiv Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (PHL), Supriadi SHI menjelaskan, pembentukan Posko Pengaduan bertujuan untuk memastikan semua masyarakat Bumi Wiralodra yang memenuhi syarat sebagai hak pilih terdaftar sebagai pemilih Pilkada.

Hal ini sangat penting, karena kualitas pemilu juga ditentukan lewat kualitas dari Daftar Pemilih Tetap (DPT)-nya.

Posko Pengaduan, lanjutnya, dibuka di setiap sekretariat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan rumah-rumah Pengawas Desa dan Keluarahan (PKD).

Mereka telah diinstruksikan untuk menerima aduan dari masyarakat yang sudah punya hak pilih belum dicoklit atau tidak terdaftar di daftar pemilih.

“Masyarakat yang seharusnya menjadi pemilih tapi belum terdaftar atau yang sudah memiliki hak pilih namun tidak terdata oleh PPDP saat pelaksanaan coklit, dapat mengadu ke posko,” jelas Nurhadi.

Panwascam maupun PKD juga diminta untuk tidak pasif. “Mereka wajib menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat. Apabila belum didatangi petugas coklit untuk segera mengadukan ke Posko Pengaduan,” pungkasnya. (kho)

 

 

News Feed