oleh

Pemdes Bongas Gelar Musdus sebelum Musdes

-Indramayu-159 views

INDRAMAYU-Pemerintah Desa Bongas Kecamatan Bongas menggelar Musyawarah Dusun (Musdus) tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) Tahun Anggaran 2021.

Musdus dilaksanakan di dua tempat, yakni Dusun Penanggul dan Pentil selama dua hari berturut-turu Senin-Selasa (10-11/8). Puluhan peserta dari perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, petani, pemuda dan kalangan perempuan, ambil bagian dalam kegiatan yang diinisiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bongas.

“Alhamdulillah perwakilan warga sangat antusias ikuti Musdus. Banyak aspirasi yang terhimpun untuk rencana penyusunan program pembangunan desa tahun anggaran 2021 nanti,” terang Ketua BPD Bongas, Arief Wahyudi SPd.

Mayoritas aspirasi warga, ungkapnya, yakni soal pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) yang selama ini belum optimal. Kemudian perbaikan saluran irigasi serta tempat pembuangan akhir sampah. Ada pula aspirasi mengenai penambahan alokasi bedah rumah bagi warga kurang mampu sampai rehap musala.

“Semua usulan ini kita tampung untuk kemudian dibahas, dimantapkan serta disinkronkan kembali dengan program Pemdes pada Musyawarah Desa. Jadi Musdus ini kita adakan sebelum Musdes,” kata Arief Wahyudi.

Kuwu Desa Bongas, Kadir menjelaskan, Musdus dihelat untuk menampung aspirasi masyarakat. Nantinya usulan pada Musdus akan dipilih dan ditetapkan menjadi program prioritas untuk dimasukkan dalam RKP Desa TA 2021. Pemdes Bongas sendiri berencana melaksanakan Musdes pada Sepetember 2020 mendatang.

“Hampir semua aspirasi yang diusulkan sejalan dengan rencana kerja Pemdes. Makanya nanti di Musdes, lebih dimatangkan lagi supaya bisa dilaksanakan dengan baik,” jelasnya.

Kuwu Kadir menegaskan, pihaknya tidak ingin pelaksanaan Musdus hanya bersifat seremonial. Sekedar memenuhi kewajiban, tapi tidak ada tindaklanjut. Hal itu justru akan melukai hati masyarakat. Kinerja Pemdes pun akan tercoreng. (kho)

News Feed