oleh

Warga Hias Jalan Desa Rancajawat

-Indramayu-363 views

INDRAMAYU- Masa pandemi Covid-19 tidak menghentikan semangat masyarakat Indramayu untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI.

Seperti terlihat di Blok Kemujing, Desa Rancajawat Kecamatan Tukdana, Minggu (9/8). Warga setempat sudah mulai menghias jalan gang desa dengan sentuhan serba bambu.

Tokoh masyarakat, Blok Kemujing Saitor mengatakan, pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat warga untuk memperingati hari Kemerdekaan. Dikatakannya, meski dalam kegiatan serba dibatasi dan harus menerapkan protokol kesehatan, masyarakat tetap antusias menghias jalan desa, dengan berbagai pernak pernik perayaan HUT RI. “Warga tetap semangat tetapi tetap pakai masker. HUT RI ini menjadi momen membangun rasa nasionalisme warga desa, memupuk rasa cinta terhadap bangsa dan negara,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan Saitor, dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI tahun ini, warga Blok Kemujing lebih memilih tema serba bambu yang dihias di sepanjang jalan.

“Setiap tahun, kami sengaja selalu memakai bambu, karena bambu jadi simbol perjuangan penduduk saat memperjuangkan kemerdekaan,” terang Saitor.

Hal senada dikatakan warga lainnya, Wawan. Menurutnya, HUT Kemerdekaan RI merupakan hal yang wajib diperingati setiap warga negara Indonesia, karena menyimpan sejarah panjang perjuangan anak bangsa dalam merebut kemerdekaan. “Intinya bukan pemasangan pernak perniknya, tetapi bagaimana kita sebagai generasi masa depan bangsa punya semangat juang seperti mereka membawa kemajuan negara, dan bisa menjaga kemerdekaan yang telah dibawa para pejuang bangsa,” tandasnya. (oni)

News Feed