oleh

UPT Pengendalian Penduduk Genjot Akseptor KB

INDRAMAYU- Masa pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan dalam pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB).

UPT Pengendalian Penduduk (Dalduk) Kecamatan Anjatan memiliki cara jitu dalam meningkatkan akseptor KB. Yakni dengan konsisten melakukan pembinaan kepada kader maupun pemantapan terhadap calon peserta KB di desa-desa. Pembinaan dilakukan oleh para Penyuluh KB serta Petugas Lapangan KB.

“Kami terus proaktif memberikan pembinaan kader di desa-desa serta pemantapan bagi calon aseptor KB. Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,”  kata Kepala UPT Dalduk Anjatan, Drs H Sukaryo kepada Radar di sela kegiatan di Aula Kantor Desa Anjatan, Kamis (7/8).

Upaya ini dilakukan, terangnya, juga untuk menekan tingkat kehamilan di masa pandemi Covid-19 yang diistilahkan dengan sebutan baby boom atau ledakan penduduk.

“Kondisi ini terjadi lantaran ada akseptor KB yang diduga putus pakai. Karena ketakutan mereka keluar rumah, termasuk mengunjungi layanan kesehatan untuk mendapatkan layanan KB,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Sukaryo, meski di masa pandemi Covid-19, layanan KB harus tetap ditingkatkan.

Demikian pula dengan terus menjaring peserta KB baru Metode Kontrsepsi Jangka Panjang (MKJP) melalui penggunaan suntik, implan, dan IUD. “Maka KB ini sangat penting. Selain mengantisipasi, KB juga dapat meningkatkan kualitas keluarga. Keluarga kuat, Indonesia juga hebat,” ucapnya.

Sukaryo mengimbau kepada masyarakat agar mengikuti program KB untuk meningkatkan kualitas keluarga.

“Kalau masih ada yang dipertanyakan bisa konsultasi ke pelayanan kesehatan terutama yang menangani KB. KB mana yang cocok, dampaknya seperti apa. Untuk pelayanan dipastikan sudah menerapkan protokol kesehatan, kalau bisa lewat online ya lewat online,” tandasnya. (kho)

News Feed