oleh

Berharap Honor PPDP Lancar

INDRAMAYU-Sepekan lebih cepat dari batas waktu yang ditentukan. Seluruh Petugas Pendataan Daftar Pemilih (PPDP) di Kecamatan Patrol tuntas melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) data hak pilih Pilkada Indramayu 2020.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Patrol semringah. Target coklit beres pada minggu ketiga bisa tercapai. Menjadikan Kecamatan Patrol nangkring di posisi ke-16 dari sebanyak 25 kecamatan se-Kabupaten Indramayu yang berhasil menyelesaikan tahapan coklit di tahap ketiga.

“Hari Selasa kemarin, progres coklit sudah 100 persen beres,” ucap Ketua PPK Patrol, Saeful Bahri kepada Radar, Rabu (5/8).

Kendati demikian, PPDP belum diberhentikan. Masa kerja mereka sampai 13 Agustus 2020 mendatang, sejak mulai bertugas 15 Juli kemarin. Karena itu mereka belum menerima honor. “Diperkirakan sehari dua hari setelah masa kerja selesai, PPDP baru bisa terima honor,” sambungnya.

Saeful berharap, pembayaran honor bagi sebanyak 98 PPDP di Kecamatan Patrol berjalan lancar. Mengenai besaran honor, ia belum bisa memastikan. Namun angkanya di kisaran Rp800 ribu belum dipotong pajak.

Meski terbilang kecil, honor segitu sangat berarti buat mereka. Terlebih di tengah masa pandemi Covid-19 ini. Mereka yang bekerja di lapangan juga mengalami risiko tinggi terpapar virus corona.

Lebih penting lagi, pencairan honor yang lancar sangat berpengaruh terhadap semangat kerja PPDP yang nantinya akan dilibatkan dalam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). “Khawatir kalau honor ngadat, mereka kapok menjadi penyelenggara pemilu,” ujar Saeful.

Walau diakuinya, sejak awal-awal bertugas hingga pekan ketiga tahapan coklit, tidak ada satupun PPDP yang menyinggung soal honor. Mereka konsisten menyelesaikan tugas dengan baik sesuai prosedur terlebih dahulu. Kewajiban diutamakan. (kho)

News Feed