oleh

Pemasangan Bendera Masih Sepi

-Indramayu-233 views

INDRAMAYU-Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 tidak lama lagi akan tiba. Sayangnya, antusiasme masyarakat Bumi Wiralodra untuk mengibarkan bendera merah putih sepertinya masih belum masif.

Terkecuali di kantor pemerintahan, kibaran merah putih seperti di pemukiman penduduk dan pinggir jalan raya masih terlihat sepi, Senin (3/8).

Sebagian besar rumah warga, pertokoan hingga perkantoran swasta belum terlihat pemasangan bendera merah putih maupun umbul-umbul yang menandakan kesemarakan peringatan hari kemerdekaan.

Hanya sebagian kecil yang sudah memasang tiang bendera lengkap dengan pernak-pernik 17 Agustusan.  “Mungkin pada belum sempat dipasang. Sebentar lagi juga ramai,” ujar Tama, salah seorang warga.

Terkait hal ini, Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi telah mengeluarkan surat edaran kepada instansi permerintahan, swasta, rumah sakit, toko, perguruan tinggi, sekolah, rumah sakit, rumah penduduk untuk memasang bendera merah putih dan umbul-umbul untuk menyemarakkan peringatan HUT RI.

Dia meminta agar seluruh pihak untuk mengibarkan bendera merah putih pada 1 Agustus -31 Agustus 2020. “Memasang dan mengibarkan bendera merah putih, umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lainnya serentak mulai tanggal 1-31 Agustus 2020,” katanya.

Sampai-sampai Plt Bupati Indramayu juga memerintahkan kepada perangkat daerah yang memiliki instansi di bawahnya agar meneruskan surat edaran kepada seluruh jajaran sampai dengan unit organisasi terkecil.

Sementara itu, sejumlah pedagang bendera dan pernak-pernik 17 Agustusan musiman memperkirakan, pendapatan dari penjualan bendera di tengah pandemi Covid-19 bakal stagnan dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Sekarang masih sepi. Belum banyak yang beli. Mungkin sudah punya banyak bendera sendiri bekas tahun lalu,” katanya. (kho)

News Feed