oleh

Coklit Beres, PPK-PPS Uji Petik Data Pemilih

-Indramayu-139 views

INDRAMAYU-Sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diwilayah Kabupaten Indramayu bagian barat (Inbar) melaksanakan uji petik data pemilih Pilkada Indramayu 2020.

Cek lapangan dilakukan menyusul tuntasnya tahapan pencocokan dan penilitian (coklit) oleh Petugas Pendataan Daftar Pemilih (PPDP).

Di Kecamatan Haurgeulis misalnya. PPK bersama jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), mendatangi rumah-rumah warga yang sebelumnya telah di coklit.

“Metodenya, kita mendatangi rumah-rumah warga secara acak. Apakah sudah tertempel stiker tanda bukti coklit apa belum. Ini untuk memastikan bahwa coklit betul-betul dilaksanakan secara benar dan sesuai prosedur,” terang Ketua PPK Haurgeulis, Iqbal Fansuri kepada Radar, Senin (3/8).

Sesuai intruksi dari KPU Indramayu, pelaksanaan uji petik dilakukan secara berjenjang. Sebelum PPK, uji petik dilakukan oleh PPS bersama Pengawas Desa dan Kelurahan (PKD). “Nantinya oleh KPU, juga secara acak di PPK yang coklitnya sudah 100 persen,” sambungnya.

Iqbal Fansuri menyatakan, proses coklit di 10 desa se-Kecamatan Haurgeulis beres pada Sabtu (1/8) lalu.

Demikian pula di 9 kecamatan lainnya berdasarjkan hasil laporan kinerja PPDP sampai dengan Minggu (2/8). Yaitu Kecamatan Bangodua, Karangampel, Gantar, Sukagumiwang dan Kertasemaya. Kemudian Kecamatan Sliyeg, Juntinyuat, Losarang dan Kedokanbunder.

Ketua PPK Gantar, Carno SPd menambahkan, uji petik masih terus berjalan.

Berdasarkan pemantauan, semua rumah yang dijadikan sampel telah terpasang stiker tanda bukti coklit. “Sampai rumah di tengah hutan pun kita datangi. Kita cek. Bukan tidak mempercayai kinerja PPDP, tetapi untuk memastikan proses coklit benar-benar dilaksanakan dan valid,” terangnya. (kho)

News Feed