oleh

Pertamina Salurkan Daging Kurban untuk Masyarakat Sekitar Kilang Balongan

INDRAMAYU-Hari Raya Idul Adha 1441 H, Pertamina menyalurkan daging kurban untuk masyarakat di 48 lokasi sekitar daerah  operasi  Kilang Balongan dan Perumahan Bumi Patra. Yaitu  meliputi Kecamatan Balongan, Kecamatan Indramayu, Sindang, Juntinyuat, Salamdarma, serta kepada sejumlah pondok pesantren dan rumah yatim di sekitar Indramayu.

Selain masyarakat tetangga kilang dan perumahan, daging kurban juga dibagikan kepada para Asisten Rumah Tangga (ART), tukang becak, petugas potong rumput hingga  petugas kebersihan yang biasa bekerja di Perumahan Bumi Patra.

SIAP: General Manager Pertamina RU-VI Balongan, Hendri Agustian, bersiap melakukan penyembelihan hewan kurban sapi.

Daging kurban yang disalurkan berupa sapi dan kambing yang dihimpun dari 4 (empat) Masjid yang dikelola Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU VI Balongan. Pada tahun ini, BDI RU VI Balongan menerima hewan kurban sebanyak total 105 ekor hewan kurban, yang terdiri dari 21 ekor sapi dan 84 ekor kambing dari para mustahiq yang merupakan para pekerja RU VI dan keluarga.

General Manager Pertamina RU VI Balongan, Hendri Agustian, dalam sambutannya mengatakan, hikmah dari berbagi daging hewan kurban kepada masyarakat khususnya yang kurang mampu memiliki makna pengorbanan dalam wujud harta benda, tenaga, maupun pikiran yang menguji keikhlasan umat manusia.

CINCANG : Panitia dari lingkungan RU-VI Balongan melakukan penyincangan daging kurban.

“Semoga pekerja RU VI dan keluarga yang melakukan kurban pada tahun ini diberikan pahala yang berlimpah oleh Allah SWT dan masyarakat yang menerimanya pun mendapat berkah”, ucap Hendri.

Hendri berharap, kehadiran Pertamina melalui penyaluran daging kurban ini bisa memberikan manfaat  untuk masyarakat Indramayu di tengah Pandemi.

TULANG: Proses pemotongan dan penyincangan tulang sapi oleh panitia.

Pada kesempatan tersebut, Ketua BDI RU VI Balongan Asrinur mengungkapkan, hampir seluruh hewan kurban disembelih di halaman Masjid Sabilul Muttaqien Bumi Patra, yang melibatkan tim jagal profesional dari pihak eksternal.

“Dari total hewan kurban yang kami terima, kami (panitia) hanya melakukan penyembelihan hingga  penyincangan sebanyak 10 ekor sapi dan 42 kambing saja, sisanya langsung dikirim ke beberapa tempat setelah disembelih,” ujar Asrinur.

SA PI : Ketua BDI Pertamina RU-VI Balongan, Asrinur (kanan)menyerahkan hewan kurban sapi kepada perwakilan Desa Sukareja Kecamatan Balongan.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina RU VI Balongan Eko Kristiawan mengungkapkan, dalam mendistribusikan daging kurban, panitia melibatkan DKM dari masjid masing-masing desa agar prosesnya lebih tertib dan terkoordinasi.

“Seluruh proses penyembelihan hingga pendistribusian kurban tetap mentaati protokol  Covid-19 yang berlaku di perusahaan, baik itu keharusan  mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan, penggunaan masker, menjaga jarak, hingga melakukan rapid test untuk tim jagal dibawah pengawasan tim medis,” ungkap Eko.

Ungkapan terima kasih dituturkan Udi, warga Desa Sukareja Kecamatan Balongan. Ia merasa senang karena masyarakat yang tinggal di desanya, tahun ini kembali menerima daging kurban berupa 1 ekor sapi dari Pertamina RU VI Balongan.

“Alhamdulillah, terima kasih Pertamina RU VI Balongan, masyarakat kami senang mendapat berkah daging kurban lagi tahun ini”, ungkapnya. (oet)

News Feed