oleh

5 Desa Tuntas Coklit, Sebelum Batas Akhir

-Indramayu-159 views

INDRAMAYU-Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Patrol optimistis proses pencocokan dan penelitian (coklit) bisa tuntas sepekan sebelum batas akhir. Optimisme menyusul, progress coklit yang dilaksanakan Petugas Pendataan Daftar Pemilih (PPDP) di 8 desa sudah mencapai 95,53 persen.

Lima desa sudah menyelesaikan proses coklit. yakni Limpas, Mekarsari, Patrol Baru, Bugel dan Arjasari. Sedangkan 3 desa lainnya yaitu Patrol Lor, Patrol dan Sukahaji diperkirakan beres dalam waktu dekat.

“Lima desa tuntas, tersisa 3 desa. Target kami pekan pertama bulan Agustus ini proses coklit sudah beres semua,” kata ketua PPK Patrol, Saeful Bahri kepada Radar Indramayu, Minggu (2/8).

Sesuai agenda awal, batas akhir coklit data pemilih Pilkada Indramayu ditetapkan hingga 13 Agustus 2020 mendatang. Setelah proses coklit selesai, lanjutnya, tahapan Pilkada Indramayu 2020 berikutnya yaitu penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Bersamaan dengan itu, tugas PPDP juga berakhir. Mereka nantinya dilibatkan menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). “Kontrak kerja PPDP berakhir 13 Agutus, nanti mereka dijadikan anggota KPPS,” ujarnya.

Menurut Saeful, pelibatan PPDP  di KPPS bukan tanpa alasan. Karena mereka yang terlibat langsung dalam proses coklit pada tahapan pendataan pemilih. Merekalah yang paham betul warga yang sudah memenuhi syarat menjadi pemilih.

Demikian juga warga yang sudah tidak layak untuk memberikan hak suaranya karena tidak lagi memenuhi syarat.  “Dengan terlibatnya PPDP di KPPS, mereka akan mudah mengenali warga yang memberikan hak suaranya,” tukasnya. (kho)

News Feed