oleh

DLH Siapkan Petugas Khusus di RTH

INDRAMAYU-Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jatibarang sudah diserbu pedagang dan pengunjung.

Untuk mengantisipasi sampah di lokasi itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Jatibarang menyiapkan petugas khusus kebersihan.

Kepala UPT DLH Jatibarang, H Heri Haerudin mengatakan, sejak RTH dipadati pengunjung dan semakin maraknya pedagang di sekitar lokasi, membuat unit kerjanya bekerja ekstra untuk mengatasi sampah di wilayah Jatibarang.

Meski infrastruktur milik Dinas PUPR Bagian Pemukiman dan Perumahan (Kimrum), katanya, persoalan sampah tetap menjadi tanggung jawab unit kerja Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Jatibarang.

“Kita sudah berdiskusi bersama bagian Kimrum dan pengelola. Jangan sampai sampah di RTH jadi masalah baru di Jatibarang. Setiap ada kerumunan masa pasti ada sampah yang harus dibersihkan,” ujarnya.

Sehingga, pihaknya menunjuk satu petugas kebersihan yang diberikan wewenang untuk menjaga kebersihan setiap harinya. “Untuk teknis penyapuannya dimulai dari jam kerja jam 5 pagi sampai selesai. Sampah yang sudah terkumpul diangkut menggunakan gerobak ke TPS dan di bawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) Pecuk,” tuturnya.

Meskipun fasilitas milik Kimrum, tapi permasalahan sampah merupakan tugas pokok dari UPT DLH untuk membersihkannya.

“Kita sengaja teknis penyapuan dimulai pagi hari karena siang sampai malam RTH ramai dikunjungi warga,” katanya.

Selain itu, lanjut Heri, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu ikut membantu memberikan fasilitas tempat sampah, dengan menyediakan 12 unit tempat sampah yang di tempatkan di titik-titik strategis, sehingga memudahkan masyarakat untuk membuang sampah saat berkunjung di RTH Jatibarang. Ditambah lagi, sambng Heri, DLH juga memberikan satu kontainer dorong yang dapat digunakan untuk mengangkut sampah berkeliling RTH.

Diakui Heri, petugas kebersihan dibantu dari kimrum juga berupa alat kebersihan seperti sapu lidi yang dapat digunakan untuk kegiatan opsih. “Untuk tempat sampah sebelumnya kita ajukan 20 unit bersama peguyuban yang ngelolah RTH, yang teralisasi 12 unit,” terangnya.

Heri berharap, tersedianya perlengkapan kebersihan, ditunjang petugas kebersihan yang selalu ada bertugas membersihkan RTH dari sampah, kebersihan RTH lebih terjaga dan terawat.

“Semoga pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas perlengkapan kebersihan yang tersedia di RTH sehingga tidak ada lagi membuang sampah secara sembarangan,” harapnya. (oni)

News Feed