oleh

Petugas PPDP Berjemur sebelum Coklit

-Indramayu-135 views

INDRAMAYU- Untuk menjaga kesehatan, petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) Desa Bangodua berjemur sebelum melakukan coklit ke rumah warga, kemarin.

Pantauan di lapangan, para petugas yang akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) di masing-masing TPS di wilayah kerjanya itu, sudah berbaris di halaman kantor desa sejak pukul 08.00.

Sekretariat PPS Bangodua, Ali Sadikin SH menjelaskan, di masa pandemi Covid-19, kondisi sehatan menjadi prioritas bagi anggota PPDP. Menurutnya, petugas PPDP memiliki tugas berat sehingga membutuhkan ketelitian dalam mencocokan data pemilih setiap kepala keluarga. Untuk itu, lanjut Ali Sadikin, yang diperlukan bukan sebatas asupan vitamin saja namun berjemur di pagi hari juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau menjaga imunitasnya agar tetap terjaga.

“Kita anjurkan sekali untuk berjemur tetapi tidak lama paling 15 menit saja. Memang terlihat sepele berjemur di pagi hari tapi manfaatnya sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh,” ucapnya.

Dijelaskannya, manfaat berjemur di bawah sinar mata hari pada pagi hari, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat kesehatan tulang, mengurangai depresi ringan, meningkatkan kualitas tidur, dan menyembuhkan penyakit kulit. “Berjemur di pagi hari sangat cocok dilakukan para petugas PPDP karena yang digerakan bukan hanya tenaga tetapi juga pikiran,” katanya sambil mengatakan 10 petugas PPDP akan mencoklit 3.586 pemilih.

Selain itu, Ali Sadikin juga mengimbau kepada seluruh petugas PPDP agar selalu menerapkan perilaku hidup sehat selama adaptasi kebiasaan baru, dengan memakan makanan yang bergizi, menerapkan cuci tangan ketika beraktivitas, menggunakan masker dan alat pelindung diri. (oni)

News Feed