oleh

Segera Revitalisasi Pasar Hewan, Plt Bupati Blusukan dan Dialog dengan Pedagang

INDRAMAYU-Kabupaten Indramayu memiliki sejumlah Pasar Hewan. Namun sayang, minimnya perhatian membuat sebagian besar fasilitas dan bangunan pasar khusus jual beli berbagai jenis ternak ini mengalami kerusakan.

Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi sampai mengelus-elus dada melihatnya. Itu saat dia blusukan langsung ke Pasar Hewan yang ada di Kecamatan Anjatan, Haurgeulis dan Gantar, kemarin.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Indramayu itu pantas terkejut. Menyaksikan dengan mata kepala sendiri, bangunan pasar di tiga kecamatan wilayah eks Kawedanan Haurgeulis itu terbengkalai. Tidak terurus. Atap bangunan hampir ambruk.

Pedagang hewan memilih jualan di luar area pasar. Pasang tenda sendiri di pinggir jalan. Ada pula di tanggul saluran irigasi. Bangunan pasar hewan sendiri dijadikan lokasi parkir sepeda motor.

Melihat kondisi pasar yang memprihatinkan, Taufik Hidayat menyiapkan program khusus untuk membuat nyaman pedagang dan pengunjung pasar. Menjadikan Pasar Hewan lebih refresentatif sehingga menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi.

Pemkab Indramayu, katanya, akan merevitalisasi Pasar Hewan. Itu dikemukakannya, saat berdialog dengan pedagang yang menyatakan keluhan kepadanya.

“Pasar Hewan ini memang cukup penting untuk segera dilakukan renovasi. Harus diakui, keberadaannya mampu memacu geliat sektor ekonomi dan peternakan,” katanya.

Untuk merevitalisasi Pasar Hewan, pihaknya akan secepatnya memanggil Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagin). Kemudian berkoordinasi dengan pemerintah desa yang punya lahan Pasar Hewan.

“Apakah sistemya sewa atau bagaimana. Pemdesnya mengizinkan atau tidak. Jangan sampai sudah dibangun, malah nanti pasar hewannya diklaim. Jadi harus ada sinergi antara pemkab dan pemdes,” ujarnya.

Dari pengamatannya, banyak bagian pasar hewan yang perlu dilakukan peremajaan bahkan ditambah seperti fasilitas toilet dan akses jalan. Lalu, di bangun pagar keliling supaya tidak terbuka dan berdempetan dengan pemukiman penduduk. “Kebersihannya juga harus dijaga,” pungkasnya. (kho)

News Feed