oleh

Seminggu Coklit, Data di Atas 25 Persen

INDRAMAYU-Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) masih melaksanakan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada Indramayu 2020. Sepekan pertama, mayoritas PPDP di sejumlah kecamatan wilayah Inbar sudah merampungkan sekitar 25 persen data pemilih.

Bahkan ada yang sudah mencapai 30 persen lebih. Diantaranya Kecamatan Gantar, Kandanghaur, Losarang dan Gabuswetan. “Seminggu pertama pelaksanaan, 32 persen yang sudah dicoklit,” sebut Ketua Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gantar, Carno SPd.

Dengan capaian presentasi di atas 25 persen, pihaknya optimistis proses coklit dapat dituntaskan sebelum batas waktu yang ditentukan yakni hingga 13 Agustus 2020. “Mudah-mudahan di minggu ketiga selesai 100 persen,” ucapnya optimis.

Carno mengungkapkan, dalam sehari setiap PPDP minimal mendatangi 20 hari rumah. Jumlahnya bertambah saat akhir pekan atau hari libur. Sehingga, mereka bisa mengkalkulasikan target waktu coklit yang diupayakan tuntas sebelum deadline.

Di sisi lain, mayoritas PPDP memiliki SDM mumpuni. Dari sebanyak 115 PPDP diisi beragam profesi dan latarbelakang pekerjaan. Sebagian besar adalah para tenaga pendidik. “Guru paling banyak. Ada juga mahasiswa, karyawan swasta sampai ibu rumah tangga,” sebutnya.

Setiap satu orang PPDP ini akan bertugas untuk satu TPS. Mereka juga akan dlibatkan menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Seluruh proses rekrutmen PPDP ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (kho)

News Feed