oleh

PPDP Jadi Ujung Tombak Coklit

-Indramayu-220 views

INDRAMAYU-Petugas pencocokan data pemilih (PPDP) se-Kecamatan Jatibarang melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pemilihan calon Bupati dan wakil Bupati Indramayu 2020.

Petugas yang berjumlah 140 orang itu melakukan coklit 59.177 warga di 15 desa se-Kecamatan Jatibarang dari 15 Juli sampai 30 Agustus 2020.

Divisi Program Data (Prodat) PPK Jatibarang Daniyanto SPdI menyebutkan, PPDP menjadi ujung tombak dalam mendata warga di Kabupaten Indramayu, khususnya di Kecamatan Jatibarang agar mendapatkan hak konstitusional sebagai warga negara dalam Pilkada Indramayu 2020.

Diungkapkan Daniyanto, petugas akan melakukan coklit sebanyak 59.177 warga Kecamatan Jatibarang yang terdiri dari 29.410 pemilih laki-laki dan 29.410 pemilih perempuan.

“Tugasnya mencoklit warga yang terdaftar di tiap TPS. Kecamatan Jatibarangkan ada 140 TPS, petugas coklit berasal dari desa masing-masing bertugas mencocokan data pemilih warga yang masuk kedalam TPS, satu PPDP coklit satu TPS,” terangnya, Minggu (19/7).

Dikatakannya, pada saat melakukan pencoklitan petugas PPDP turut memberikan arahan kepada warga dan mengedukasi warga tentang bagaimana cara mengecek atau mencocokan data pemilih yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

“Pada saat bertemu langsung warga petugas sekaligus menyosialisasikan kepada warga tentang aturan pada pemilihan tahun ini harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Sedangkan bagi warga yang ingin secara langsung mengecek namanya terdaftar atau tidaknya sebagai pemilih dan masuk pada TPS, sambungnya, warga dapat mengakses website milik KPU di link lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Proses pencocokan dan penelitian (coklit) yang sedang berlangsung oleh PPDP mendapat sambutan baik dari masyarakat di Jatibarang.

Salah seorang warga, Wasnadi (52) mengatakan, pencoklitan yang sedang berlangsung oleh PPDP sangat menjamin semua warga Kabupaten Indramayu mendapatkan hak suaranya sebagai warga negara, memilih calon pemimpin yang akan membawa nasib pembangunan Kabupaten Indramayu pada 5 tahun mendatang.

“Pastinya sangat menyambut baik, kegiatan coklit ini, petugas dapat menjalankan tugasnya sebaik mungkin, semua warga Indramayu memperolah hak pilihnya,” ujarnya. (oni)

News Feed