oleh

Berdayakan Masyarakat lewat Pelatihan Menjahit

-Indramayu-184 views

INDRAMAYU–Untuk memacu pertumbuhan produktivitas perekonomian warga, terutama bagi ibu rumah tangga (IRT), Pemerintah Desa (Pemdes) Tulungagung menggelar pelatihan menjahit. Kegiatan yang bertempat di aula kantor kuwu setempat adalah langkah memberikan life skill bagi warga, serta menumbuhkan desa yang mandiri, dan menaikkan derajat perekonomian warga.

Kuwu Tulungagung, Hj Hartinih menjelaskan, program pemberdayaan masyarakat desa yang sedang dipacu pemerintah desa, langkah awal untuk menyongsong perekonomian masyarakat yang mandiri. Terutama meningkatkan daya produktivitas masyarakat yang tergolong usia-usia produktif.

“Lebih banyak yang ikut pelatihan IRT, kita berikan pelatihan menjahit, kita fasilitasi tempat dan tutornya. Agar mereka punya keterampilan yang mumpuni di bidang konvensi atau menjahit dari keterampilan ini bisa menjadi sumber penghasilannya,” ucapnya pada Radar, kemarin (17/7).

Kegiatan pelatihan menjahit bagi masyarakat Desa Tulungagung, merupakan  upaya pemdes setempat dalam membangun dan memperkuat sektor pembangunan perekonomian masyarakat dengan menggali potensi yang dimiliki warga. Sehingga melalui kegiatan pelatihan yang dikhususkan bagi usia produktif ini dapat menjadikan masyarakat desa unggul dan mandiri.

Sementara itu, Sekdes Tulungagung Iis mengatakan, sebagai langkah untuk menunjang pelatihan menjahit warganya, pemerintah desa mencari tutor yang mumpuni di bidang konveksi. Dengan harapan ketika selesai menjalani proses pelatihan, keterampilan menjahit yang dimiliki warga pasca pelatihan dapat meninggkatkan taraf kehidupan. Bisa menjadi sarana berwirausaha membuka jasa menjahit atau konveksi rumahan. (oni)

 

News Feed