oleh

Ikuti Bimtek, PPDP Dibekali APD

-Indramayu-130 views

INDRAMAYU – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pilkada Indramayu 2020 mengikut bimbingan teknis (bimtek) serentak, Selasa (14/7).

Bimtek dilaksanakan setelah mereka resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai petugas pencocokan dan penelitian pemutakhiran data pemilih oleh Ketua KPU Kabupaten Indramayu yang dilegasikan masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Patrol, Saeful Bahri menjelaskan, bimtek merupakan persiapan bagi para PPDP sebelum melaksanakan coklit mulai 15 Juli sampai 13 Agustus dengan mendatangi rumah-rumah warga dan tetap melakukan protokol kesehatan.

Karena itu, selain mengikuti bimtek PPDP juga dibekali Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, sarung tangan, pelindung wajah dan handsanitazer atau cairan pembersih tangan. “APD itu wajib dipakai selama melaksanakan tugas coklit di lapangan,” ujarnya.

Saeful Bahri menjelaskan, Bimtek kepada bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada PPDP terkait teknis coklit. Baik tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan sampai tahapan pelaporan.

Tujuan coklit sendiri adalah untuk melindungi hak pilih setiap warga pada Pilkada Indramayu 2020. Jangan sampai ada warga yang sudah memenuhi syarat untuk memilih tidak terdaftar sebagai pemilih.

Karena itu, saat bertugas PPDP harus berkoordinasi dengan ketua Rukun Tetangga (RT) setempat, untuk menanyakan keadaan warganya.  “Nantinya, PPK dan PPS juga akan melakukan monitoring ke lapangan guna melihat perkembangan dan mendengar kendala PPDP di lapangan,” terangnya. (kho)

News Feed