oleh

Pemdes Jatibarang Tangani Masalah Sosial

-Indramayu-204 views

INDRAMAYU -Sejumlah komunitas kemanusiaan di Jatibarang bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon dan Pemerintah Desa Jatibarang Baru Kecamatan Jatibarang melakukan penanganan masalah sosial.

Salah satu kegiatannya adalah memberikan perhatian serius kepada satu keluarga, mulai perbaikan hunian sampai memberi bantuan biaya pendidikan.

Mewakili komunitas kemanusiaan, Asmui Setiawan mengatakan, keluarga sasaran penerima manfaatnya adalah pasangan suami istri, Suwandi dan Sum, dan anak perempuannya Waskinah.

Keluarga ini menghuni kediaman kurang layak di bawah flyover Desa Jatibarang Baru. Atas inisiatif para relawan yang tergabung pada Komunitas Peduli Pilangsari (KOPPI) dan Komunitas Lentera Selawe (KLeS), dilakukan penggalangan dana dan proses perbaikan huniannya.

“Perbaikan huniannya sudah dilakukan delapan bulan lalu. Dalam prosesnya dilakukan juga bersama-sama dengan Pemdes Jatibarang Baru. Kami lakukan penggalangan dana dan ada sumbangan dana stimulan,” terang Asmui kepada Radar Indramayu, Rabu (8/7).

Sementara itu, Perwakilan ACT Cirebon Nurwita mengatakan, pihaknya menyalurkan program bantuan dana pendidikan untuk Waskinah berupa dana pendidikan selama tiga tahun di SMK sampai lulus.

“Ada bantuan perlengkapan sekolah, sembako, dan uang tunai untuk meringankan beban ekonomi keluarganya,” ujarnya.

Langkah komunitas kemanusiaan bersama ACT mendapat sambutan baik dari Pemdes Jatibarang Baru. Pada kesempatan itu, Kuwu Desa Jatibarang Baru, Iwan Hikwanto menyampaikan apresiasi atas keterlibatan dan perhatian semua pihak terhadap nasib salah satu warganya. Bantuan tersebut, lanjut Iwan, bisa membantu menyelesaikan masalah sosial yang tengah dihadapi penerima terutama di saat pandemi Covid-19.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersama-sama kolaborasi membantu warga kami, tentunya bantuan yang telah disalurkan sangat berguna bagi penerima meringankan perekonomian keluarga mereka,” ujarnya. (oni)

News Feed