oleh

Desa Bongas Jadi Kampung Tangguh Lodaya

-Indramayu-228 views

INDRAMAYU-Masyarakat Desa Bongas, Kecamatan Bongas bangga menjadi Kampung Tangguh Lodaya (KTL).

Elemen warga disana berkomitmen untuk menyukseskan program dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam upaya meningkatkan kepedulian dan kemampuan upaya menangani pencegahan Covid-19 serta tetap terjaganya kondusivitas di tengah pandemi.

“Masyarakat kami siap menyukseskan program Kampung Tangguh Lodaya. Ini menjadi sebuah kebanggaan dan komitmen semua elemen mewujudkan wilayah perdesaan yang siap dan tangguh terutama di masa pandemi dalam menanggulangi penyebaran Covid-19,” terang Kuwu Desa Bongas, Kadir kepada Radar, kemarin.

Dikatakan Kadir, dalam program KTL ini, Pemdes Bongas bersama Polsek Bongas menggandeng banyak pihak. Mulai dari TNI, jajaran Dinas Kesehatan, Pertanian, Karang Taruna, TP PKK, kelompok tani serta sejumlah elemen masyarakat lainnya.

KTL memiliki 4 aspek faktor ketangguhan dalam pencegahan serta penanggulangan Covid-19, diantaranya adalah ketangguhan informasi, ketangguhan keamanan, ketangguhan kesehatan dan ketangguhan sosial ekonomi atau ketahanan pangan.

“Kita juga bersama tiga pilar dan banyak pihak terus mengedukasi kepada masyarakat agar selalu menjalankan protokol kesehatan dalam rangka cegah tangkal penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Kapolres Indramayu, AKBP Suhermanto SIK MSi melalui Kapolsek Bongas AKP H Cartono SH menjelaskan, KTL ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas sehingga bisa menekan penyebaran virus Corona. Melalui program KTL ini, diharapkan efektif meningkatkan partisipasi masyarakat menangkal Covid-19.

Keberhasilan KTL ini akan berdampak kepada kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19 baik dari segi kesehatan, ekonomi, sosial dan keamanan. Sehingga, masyarakat secara mandiri mampu menangkal Covid-19 dengan membangun solidaritas antar warga dimasa pandemi. (kho)

News Feed