oleh

Verfak Dukungan Independen 76 Persen

INDRAMAYU-Memasuki hari ke-6, pelaksanaan verifikasi faktual (verfak) dukungan pasangan bakal calon perseorangan Pilkada Indramayu 2020 di wilayah Kecamatan Sukra hampir tuntas.

Bahkan, empat dari 8 Panitia Pemungutan Suara (PPS) disana sudah menyelesaikan tahapan verfak yang dimulai sejak Sabtu (27/6) lalu. Empat desa itu antara lain Desa Bogor, Sumuradem Timur, Sukra Wetan dan Tegaltaman.

“Alhamdulillah, progres verfak sudah mencapai sekitar 76 persen,” ungkap Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sukra, Dulkornen SPdI MM usai memimpin rapat kordinasi progres verfak, Kamis (2/7).

Cepatnya tahapan verfak lantaran jumlah data dukungan bapaslon independen di wilayah Kecamatan Sukra terbilang sedikit dibanding kecamatan lain, yakni hanya sebanyak 3.102 dokumen dukungan.

Jika dirata-ratakan, setiap PPS melakukan verfak kurang dari 400 data dukungan. “Jumlahnya bervariatif setiap desa. Paling sedikit 200-an paling banyak 600-an. Yang sedikit itu sudah tuntas verfaknya,” ujarnya.

Kemudian petugas verfak juga melakukan strategi kunjungan di saat warga benar-benar sedang berada di rumah masing-masing. “Teman-teman petugas verfak didampingi LO dan PKD mengambil jam-jam atau waktu dimana warga sudah ada di rumah. Pagi mulai jam 9 sampai jam 11 siang, lalu mulai lagi jam 2 sampai setelah Ashar. Strategi itu efektif,” terangnya.

Pihaknya memastikan, sampai berakhirnya jadwal tahapan verfak 10 Juli nanti, di waktu tersisa petugas akan terus melakukan verfak. Jika masih ada yang belum terdata, LO akan diberi kesempatan untuk menghubungi warga yang belum di verfak agar datang ke PPS atau tempat lain yang ditentukan.

Dulkornen menambahkan, pelaksanaan verfak yang melibatkan anggota dan sekretariat PPS, LO dan PKD tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Selain berkas persyaratan dukungan, mereka dibekali alat perlindungan diri seperti masker, kaos tangan dan pelindung wajah. (kho)

News Feed