oleh

Optimistis Bisa Lolos Verifikasi Faktual

-Indramayu-247 views

INDRAMAYU- Perhetalan pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu tinggal 160 hari lagi.

Saat ini, petugas panitia pemungutan suara (PPS) tengah sibuk melakukan verifikasi faktual pendukung calon independen atau perorangan. Dengan menerapkan protokol kesehatan, petugas mendatangi satu persatu pendukung calon bupati dan wakil bupati perseorangan Toska (Toto Sucartono-Deis Handika).

“Dari 120.452 data dukungan calon bupati dan wakil bupati perseorangan Toska yang diverifikasi faktual oleh petugas PPS, kami optimistis untuk estimasi pencapaian hari ke-6 ini kurang lebih 80 persen dari persyaratan,”  ujar LO Paslon Toska, Rakhmat Haryanto.

Dikatakan Rakhmat, salah satu kendala yang dihadapi oleh simpatisan Toska yang ada dalam daftar data dukungan itu ketika diverifikasi oleh PPS ada pada jam kerja. Sehingga, sebagian statusnya tidak dapat ditemui.

Maka dari itu, sambungnya, menjadi tanggung jawab LO kecamatan maupun di desa agar dapat menghadirkan orang yang belum ditemui itu supaya bisa diverifikasi secara langsung.

“Ini memang yang menjadi perhatian kita semua di timses Toska. Mengingat, verfak lebih banyak dilakukan saat jam kerja, sehingga banyak yang tidak bisa ditemui,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya meminta LO di kecamatan dan desa untuk mulai melakukan inventarisir pendukung yang masih memungkinkan untuk dikumpulkan agar bisa datang ke sekretariat PPS atau lewat video call sehingga bisa meminimalisir jumlah orang yang tidak bisa ditemui.

Rakhmat juga mengeluhkan, salah satu yang menjadi kendala selama masa verfak ini adalah bagi pendukung yang tidak memiliki handphone berbasis android tanpa WhatsApp sehingga akan dianggap tidak mendukung apabila sampai batas akhir verfak tidak bisa dihadirkan.

Meski cukup berat tantangannya, tetapi secara kumulatif progres kita cukup positif dan jumlah orang yang tidak dapat ditemui secara persentase masih aman.

“Kami yakin akan bisa memenuhi jumlah minimal dukungan pasca verfak 87.959 yang ditetapkan KPU. Kami optimistis Toska pasti lolos menjadi calon Independen dalam Pilbub Indramayu 2020 ini,” tandasnya. (jml/mgg)

News Feed