oleh

Pandemi Covid-19, Sejumlah Sekolah Berharap KBM Kembali Normal

INDRAMAYU-Sejak merebaknya pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan secara daring atau online. Meskipun belajar secara daring dianggap baik menyiasati proses KBM agar tetap berjalan, namun dianggap kurang maksimal dalam memantau proses belajar siswa saat di rumah.

Untuk itu, sejumlah sekolah berharap kegiatan KBM dapat berjalan normal. Kepala SMP Muhammadiyah Jatibarang Nurdin Ibrahim SPd mengatakan, pelaksanaan belajar secara daring sudah dilaksanakan sejak adanya instruksi Kemendikbud aga KBM semasa pandemi dilaksanakan secara daring.

“Tapi perlu digaris bawahi dalam sistem daring harus disesuaikan dengan smartphone yang dimiliki siswa, karena tidak semua siswa memiliki spek smartphone yang sama, dan harus selalu online,” ujarnya.

Di tahun ajaran baru, dirinya belum mengetahui secara pasti apakah kegiatan belajar bisa kembali secara normal, belajar di dalam kelas secara langsung tatap muka atau masih dilakukan secara daring.

“Masih menunggu instruksi dari pemerintah, apakah tahun ajaran baru sistem belajarnya daring atau kembali normal dengan penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang guru, Wahid SPd mengatakan, sekolah harus siap melakukan sistem pembelajaran daring ataupun tatap muka di kelas saat tahun ajaran baru.

“Harus siap dua-duanya. Secara daring pasti siswa butuh jaringan internet di selulernya dan ada aplikasi yang bisa dijadikan sarana belajar. Sedangkan apabila dilakukan secara tatap muka di kelas, sekolah harus benar-benar menjamin penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Wahid berharap Covid-19 bisa segara selesai dan KBM bisa kembali normal. (oni)

News Feed