oleh

SDIT Darul Fikri Patrol Siap Cetak Generasi Unggul

INDRAMAYU-SDIT Darul Fikri Patrol hadir menjawab keiinginan banyak orang tua yang ingin nilai-nilai agama Islam menjadi prioritas utama dalam hal pendidikan anak-anaknya.

Sekolah yang beralamat di Kampung Tiben, Desa Patrol, Kecamatan Patrol ini memiliki banyak program unggulan. Diantaranya tahfiz, bahasa Arab, bahasa Inggris dan beragam ekskul seperti panahan, bela diri serta futsal.

Berada di lingkungan yang asri, besih dan nyaman, kehadiran sekolah Islami ini juga dilengkapi dengan program kegiatan praktik ibadah seperti salat wajib berjamaah, salat sunah, manasik haji dan baksos santunan anak yatim menjadi agenda rutin.

Selain program unggulan, sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Darul Fikri Indramayu ini telah memiliki fasilitas memadai. Yaitu gedung milik sendiri, ruang belajar ber-AC, masjid, perpustakaan, koperasi, kantin sehat, arena bermain anak, lapangan olahraga sampai asrama untuk guru. SDIT Darul Fikri juga menyediakan pelayanan mobil antar jemput.

Pengelola SDIT Darul Fikri Patrol, Hj Nur Aisah SPd MPdI menjelaskan, dalam kurikulum dasar, SDIT Darul Fikri yang beroperasi sejak tahun 2016 ini tetap berkiblat pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang merupakan acuan dari Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).

Namun sekolah melakukan pengembangan sesuai dengan nilai-nilai Islam yang menjadi dasar pendidikan. Dengan pendekatan ini, semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran dan pesan nilai Islam.

Pelajaran yang diberikan sangat lengkap. Berupa pendidikan dasar umum dan pendidikan agama. Dengan cukup padatnya pelajaran dan mengajarkan keterpaduan nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, maka konsep SDIT Darul Fikri Patrol menerapkan Full Day School (FDS). Anak-anak berada di sekolah dalam waktu yang panjang hingga sore hari.

“Sekolah ini menawarkan program yang berbeda dengan sekolah lainnya demi melahirkan generasi unggul dan berakhlakul karimah. Selain menjadi wadah pendidikan bagi anak, SDIT Darul Fikri ingin anak-anak mampu bersosialisasi dan memiliki akhlak sesuai ajaran Islam,” terang Hj Nur Aisah SPd MPdI kepada Radar, kemarin.

Berdirinya SDIT Darul Fikri Patrol, lanjutnya, tidak lepas dari keinginan yayasan yang ingin berkontribusi membangun SDM Kabupaten Indramayu terutama dalam bidang pendidikan. Kehadiran SDIT Darul Fikri optimis mampu bersaing dengan sekolah-sekolah swasta lainnya. Baik dari segi program maupun infrastuktur dan fasilitas penunjang pendidikan.

“Untuk tahun pelajaran baru ini kuota jumlah siswa kelas satu dibatasi hanya 20 anak dulu. Alhamdulillah, sampai dengan sekarang sudah separuhnya yang mendaftar,” sebutnya.

Nur Aisah yang berpengalaman membidani lahirnya SD Unggulan Muhammadiyah Patrol serta perintis Rumah Tahfidz Al Khoir ini optimis, SDIT Darul Fikri bakal berkembang pesat dan menjadi lembaga pendidikan unggulan.

Hal ini karena didukung SDM tenaga pendidik berkualitas serta dorongan dari para orang tua murid yang menginginkan anak-anaknya menjadi generasi penerus yang memiliki akhlak Islam.

“Insya Allah pengalaman yang saya dapat selama ini akan dipraktikkan secara optimal di SDIT Darul Fikri. Kepercayaan orang tua akan kita jawab dengan kesungguhan memberikan pelayanan pendidikan berkualitas, unggul dan islami,” tandasnya. (kho)

News Feed