oleh

Peternak Ayam Kampung, Waspadai Musim Pancaroba

-Indramayu-235 views

INDRAMAYU – Musim pancaroba, membikin para peternak ayam kampung waspada. Anomali yang menyebabkan cuaca tak menentu membuat hewan ternak mereka rentan terjangkiti penyakit hingga mengakibatkan kematian. Seperti penyakit tetelo dan flu.

“Paling sering kedua penyakit itu, tetelo sama flu,” ucap Tasmin, peternak ayam kampung di Kecamatan Terisi, Jumat (26/6).

Langkah antisipasi yang dilakukan yaitu memberikan obat atau vaksin yang sudah tersedia dipasaran. Sementara sebagai pencegah, diberikan juga jamu pencegah flu yang terbuat dari bahan herbal seperti jahe, kunyit sampai bawang putih.

“Perlu juga diberi jamu. Ramuan sendiri supaya badan ayam hangat. Tahu sendiri kan kalau malam dinginnya luar biasa saat musim pancaroba seperti sekarang ini,” kata dia.

Peternak ayam kampung lainnya, Jaya mengatakan, selain flu yang juga harus mewaspadai penyakit yang mengganggu pencernaan ayam. Terutama, penyakit dari bakteri ecoli yang menyerang melalui pakan dan air minum. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan membersihkan lingkungan kandang dan tempat pemberian pakan.

Jaya membenarkan saat cuaca ekstrem atau perubahan musim seperti saat ini angka kematian ayam ternak sangat tinggi. Terutama pada ayam berusia di bawah 2 bulan. Sedangkan ayam usia 2 bulan ke atas sudah lebih kebal.

“Tapi tidak menutup kemungkinan juga ayam dewasa terserang penyakit. Karena, selain faktor cuaca, pakan dan lingkungan yang tidak memadai juga bisa berpengaruh besar pada kondisi kesehatan ayam,” terangnya. (kho)

News Feed