oleh

Verfak Terapkan Protokol Kesehatan

-Indramayu-217 views

INDRAMAYU- Panitia pemungutan suara (PPS) se-Kecamatan Jatibarang segera melakukan verifikasi faktual (verfak) dukungan pasangan calon independen atau perseorangan. Rencana, verfak sendiri tertunda, karena anggota PPS harus mengikuti rapid test, kemarin.

Namun, jika ada instruksi dari KPU terkait jadwal verifikasi faktual, PPS di Kecamatan Jatibarang akan melakukan verfak sebanyak 4.061 bukti dukungan warga di 15 desa.

Hal itu, dikatakan Ketua PPK Kecamatan Jatibarang Ikin Rosiki saat kegiatan rapat koordinasi (Rakor) verfak di Aula Desa Bulak Lor, Rabu (24/6).

 

Dikatakan Ikin, verifikasi faktual (verfak) dukungan pasangan calon independen atau perseorangan se-Kabupaten Indramayu ada sebanyak 120.452 bukti dukungan.

“Sedangkan, di Kecamatan Jatibarang ada sebanyak 4.061 bukti dukungan tercantum pada form B1.1 KWK Paslon perseorangan,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Ikin, PPS bersama pengawas kelurahan desa (PKD) dan tim dari paslon akan melakukan verifikasi faktual secara langsung ke nama dan alamat yang tercantum pada formulir paslon perseorangan.

“PPS diberikan pemahaman mekanisme verifikasi faktual pasangan calon perseorangan dari Toto Sucartono dan Deis Handika, didampingi PKD dan tim Liaison officer (LO) dari pasangan calon perseorangan (Toto-Deis,red), dengan memegang data form B1.1 KWK  desa masing-masing,” kata Ikin.

Anggota PPK Jatibarang Daniyanto menambahkan, saat verifikasi faktual anggota PPS bersama PKD dan LO dari paslon perseorangan melakukan pencocokan data, antara bukti dukungan paslon perseorangan yang terlampir dalan form B1.1 KWK di lapangan dengan mendatangi nama dan alamat (by name by address) yang terdapat pada form tersebut.

Saat melakukan verifikasi factual, lanjut Daniyanto, petugas PPS, PKD dan LO tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 saat mencocokan data bukti dukungan paslon perseorangan Toto-Deis.

“Berdasarkan surat edaran dari KPU, verfak dimulai dari tanggal 29 Juni sampai 7 Juli 2020, semoga PPS se-Kecamatan Jatibarang bisa melaksanakan tugas pertamanya dalam verfak bukti dukungan paslon Toto-Deis sebanyak 4.061 dengan lancar tetap kedepannya protokol kesehatan,” ujarnya. (oni)

News Feed