oleh

Antara Takut dan Patuh Test Swab Masal, Pengunjung dan Karyawan Toserba Yogya Berharap Hasil Negatif

Pengunjung dan karyawan Toserba Yogya Indramayu dibuat kaget. Pasalnya, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu melakukan swab masal secara tiba-tiba di halaman parkir toserba, Rabu (24/6).

Utoyo Prie Achdi, Indramayu

SETIAP pengunjung yang datang langsung digiring untuk diambil sampelnya. Tanpa terkecuali anak-anak. Begitu juga mereka yang baru selesai berbelanja, dari kasir langsung diarahkan ke tempat pendaftaran tes swab.

Mereka tak bisa menghindar ataupun mengelak. Karena petugas dari kepolisian, TNI dan Satpol PP juga ikut mengawal dan mengarahkan para pengunjung agar mengikuti tes swab terlebih dahulu.

Ada yang ketakutan, namun banyak juga yang menuruti anjuran, apalagi tes ini gratis. Sementara sejumlah anak terlihat menangis ketakutan saat diambil sampelnya. “Terus terang saya takut dites. Mudah-mudahan saja hasilnya negatif,” ujar salah seorang pengunjung, Yoga.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, dr Deden Boni Koswara mengatakan, pihaknya memang terus melakukan swab masal secara maraton di sejumlah tempat. Terutama di area publik seperti pasar tradisional, pasar modern, tempat pelelangan ikan, dan dan fasilitas umum lainnya. Deden berharap, melalui cara ini bisa dilakukan pendeteksian penyebaran Covid-19 lebih cepat. “Hari ini sasaran kita ada dua tempat, yaitu TPI Karangsong dan Toserba Yogya ini,” terang Deden.

Sementara itu, Chief Operasional Toserba Yogya Acep Agus Budiman mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan swab masal di Toserba Yogya tersebut. Pasalnya kegiatan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat dan karyawan Yogya karena bisa mengikuti tes swab secara gratis.

“Selama masa PSBB dikarenakan pandemi Covid-19 ini kami sudah menerapkan protokol kesehatan bagi para pengunjung maupun karyawan kami. Ini sangat bermanfaat sekali, apalagi tesnya gratis. Mudah-mudahan hasilnya negatif semua,” kata Acep.

Di tempat yang sama, Camat Indramayu Asep Kusdianti mengatakan, swab masal yang dilakukan di tempat yang berbeda ini sangat membantu untuk memutus penyebaran pandemi Covid-19 di wilayah Kecamatan Indramayu. Mengingat Kecamatan Indramayu berada di daerah kota yang sangat terbuka dan ramai terutama aktivitas masyarakatnya. (*)

News Feed