oleh

Sudah Empat Kali Pendukung Toto-Deis Merasa Dikecewakan KPU Indramayu

INDRAMAYU – Pendukung bakal calon bupati dan wakil bupati perseorangan Toto Sucartono dan Deis Handika protes keras kepada Komis Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu untuk keempat kalinya. Aksi protes berujung ricuh, sehingga saat ini tiga orang diamankan di Mapolres Indramayu, Rabu (24/6).

“Sudah keempat kalinya kami kecewa dengan kinerja KPU Indramayu. Pertama, saat server down. Kedua, adanya kebocoran data. Ketiga, hilangnya 5.497 data dukungan. Sekarang keeempat pembatalan secara sepihak tahapan verifikasi faktual yang seharusnya hari ini, 24 Juni. Padahal kawan-kawan Liaison Officer (LO) di kecamatan dan desa sudah bersiap meluangkan waktunya. Tapi, KPU Indramayu membatalkan via WA pukul 09.00 WIB,” tutur Rakhmat Haryanto selaku LO tingkat kabupaten Indramayu.

Massa aksi yang berujung ricuh sempat merusak beberapa fasilitas kantor KPU di jalan Soekarno Hatta No. 1 Pekandangan Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu pada pukul 15.00 WIB. Massa memaksa menerobos masuk dan tidak terbendung lagi.

“Jawaban KPU Indramayu tidak dapat kami terima secara rasional. Mereka beralasan jajaran Komisioner KPU, PPK, dan PPS belum diadakan Rapid Test Covid-19. Mereka bilang hanya mematuhi mandat dari KPU RI. Padahal seharusnya tahapan pilkada yang sudah ada, sedari awal sudah menjadwalkan terkait pemeriksaan Rapid Test Covid-19 tersebut. Tidak seharusnya mengambil waktu di tengah-tengah begitu saja. Apalagi Pada saat tahapan verifikasi faktual akan berlangsung. Karena ini menyangkut kepentingan dan hak kami,” tandas Rakhmat kepada radarindramayu.id via telepon.

Rakhmat memaparkan lebih lanjut, saat ini dirinya sedang mendampingi 3 orang simpatisan Toto Deis yang masih diamankan di Reskrim Mapolres Indramayu, pasca kericuhan aksi demo sore tadi. Dirinya berharap, pihak keamanan Polres Indramayu bisa memaklumi kejadian tersebut. Itu semua semata-mata karena ada rangkaian sebab dari KPU Indramayu yang belum bekerja secara maksimal serta profesional. (jml/mgg)

News Feed