oleh

Pemdes Tukdana Sediakan Hand Sanitizer

-Indramayu-141 views

INDRAMAYU – Berbagai langkah dilakukan Pemdes Tukdana untuk memutus penyebaran virus corona. Salah satunya menyedikan hand sanitizer saat memberikan pelayanan bagi masyarakat desa setempat.

Pihak desa menyediakan hand sanitizer di meja pelayanan sehingga bisa dijangkau warga dan pamong desa sebelum dan sesudah  memberikan pelayanan.

Sekdes Tukdana, H Wajid mengatakan, penyediaan hand sanitizer di tempat pelayanan masyarakat  adalah langkah pemdes untuk memperkecil risiko penyebaran Covid-19.

“Hand sanitizer ini bisa digunakan oleh semua warga yang datang ke kantor kuwu, untuk mengurus berbagai keperluannya. Hal ini dilakukan agar tetap steril dan terhindar dari penularan Covid-19,” tuturnya.

Diakui Wajid, sejak merebah wabah corona, semua warga dan pamong desa diliputi kekhawatiran ada penularan corona.

Sehingga, lanjutnya, pihak desa menganitisipasi dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, yakni memakai masker, jaga jarak dan menyediakan hand sanitizer agar selalu cuci tangan saat masuk ruang pelayanan.

“Untuk menjamin sterilnya lingkungan kantor kuwu, kami sediakan tempat cuci tangan dan hand santizer letaknya di meja pelayanan masyarakat. Sebelum mengurus keperluannya, warga harus menggunakan sanitizer dulu,” ujarnya.

Sehingga dengan adanya aturan penggunaan sanitizer, sambungnya, dapat meningkatkan rasa aman warga, dan memutus rantai penyebaran virus corona.

“Dengan di longgarkan PSBB bukan berarti kita lengah, tapi bagaimana kita bisa semakin waspada, makin masif memberi imbauan kepada masyarakat supaya terapkan pola hidup bersih dan sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Kuwu Tukdana H Susanto SE mengatakan, penyediaan hand sanitizer di kantor desa bukan satu-satunya upaya pencegahan dan memutus penyebaran Covid-19.

Dijelaskan Susanto, pemerintah desa telah melakukan penyemprotan disenfektan di fasilitas dan sarana umum, serta menebarkan spanduk imbauan agar masyarakat menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu, kata Susanto, pemdes juga membentuk Posko Covid-19 yang memberikan informasi kepada masyarakat terkait perkembangan Covid-19 di Kabupaten Indramayu.

“Pemdes selalu memberikan arahan dan imbauan kepada masyarakat agar jaga kesehatan, terapkan pola hidup sehat, selalu cuci tangan, pakai masker  dan cuci tangan pakai hand sanitizer atau sabun,” pungkasnya. (oni)

News Feed