oleh

Panwascam Persiapkan Diklat bagi PKD

-Indramayu-235 views

INDRAMAYU-Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Bangodua terus melakukan persiapan jelang perhelatan Pilkada yang akan digelar 9 Desember 2020.

Salah satu agenda yang tengah disiapkan adalah kegiatan pendidikan dan latihan (Diklat) bagi pengawas kelurahan dan desa (PKD) Kecamatan Bangodua.

“Pelantikan pengawas kan sudah pada bulan Maret. Kami belum sempat mengadakan diklat karena dampak Covid-19 semua agenda kegiatan Pilkada tertunda, baik KPU dan Bawaslu juga. Dalam waktu dekat, Panwas sedang mempersiapkan diklat bagi pengawas kelurahan atau desa Bangodua,” kata anggota Panwascam Kecamatan Bangodua, Baman kepada Radar, Selasa (23/6).

Dijelaskan Baman, PKD mempunyai tugas yang cukup berat, diantaranya mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu di desa, mencegah terjadinya praktik politik uang, mengawasi netralitas semua pihak yang ikut serta dalam kegiatan kampanyeyang telah diatur undang-undang, mengawasi pelaksaan sosialisasi penyelenggaraan pemilu di wilayah desa, dan melaksanakan tugas lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan.

Karena tugas yang berat itu, lanjutnya, PKD perlu dilatih dan dibekali aturan main tentang kepemiluan sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

“PKD punya wewenang menerima dugaan pelanggaran terhadap pelaksanaan peraturan UU yang mengatur mengenai pemilihan umum di desa, dan mencegah adanya pelanggaran pemilu. Tugas dan tanggung jawab besar ini memerlukan pembekalan setiap anggotanya dalam pelaksanaan pilkada,” ujarnya.

Sedangkan terkait kewajibannya, kata Baman, anggota PKD dapat menjalankan tugas dan wewenang dengan adil, membina dan mengawasi tugas pengawas TPS, menyampaikan hasil pengawasan kepada panwascam baik temuan atau mengenai dugaan pelanggaran di tingkat desa yang mengakibatkan terganggunya penyelenggaraan tahapan pemilu atau pilkada.

“Kami dari panwascam selalu memberikan arahan kepada PKD agar menjalankan perannya sebagai pengawas tingkat desa dengan baik. karena tugasnya sangat penting, anggota harus mampu bersinergi dengam semua unsur,”  tandasnya. (oni)

 

 

News Feed