oleh

Cabup Harus Peduli Honorer

INDRAMAYU- Calon bupati (Cabup) Indramayu diminta untuk memperhatikan nasib para tenaga pendidik honorer.

Hal itu disampaikan guru honorer di Kabupaten Indramayu Hidayat SPd, kemarin. Dikatakannya, selama ini guru-guru honerer di sekolah negeri tingkat SD dan SMP di Kabupaten Indramayu masih kurang mendapat perhatian.

Padahal, kata Hidayat, peranan dan tanggung jawab guru honorer sama dengan guru yang statusnya ASN. Tetapi, dari tingkat kesejahteraan masih tertinggal jauh.

Meskipun pemda sudah menganggarkan tunjangan bagi tenaga honorer, tapi hal itu masih belum dapat meningkatkan kesejahteraan guru.

“Ada tunjangan dari pemda setiap bulannya, tapi belum mencukupi kebutuhan teman-temen honorer. Karena honor setiap bulan rekan-rekan guru honorer antara Rp200 ribu sampai Rp500 ribu per bulannya,” ujarnya.

Sehingga, lanjut Hidayat, pada pilkada tahun 2020, calon bupati diharapkan memiliki perhatian yang lebih terhadap nasib guru honorer, terutama honorer yang usianya sudah di atas 35 tahun, telah mengabdi di dunia pendidikan selama lebih dari 10 tahun.

“Di pilkada tahun ini kita para honorer berharap calon bupati punya program untuk meningkatkan kejahteraan para guru honorer, sehingga kita ada pilihan calon pemimpin daerah yang tidak sebatas perhatian pada peningkatan fasilitas pendidikan saja, tapi perhatian juga kepada tenaga pendidik yang masih honorer,” tukasnya.

Hal senada dikatakan Supriatin yang telah mengabdi di sebuah sekolah dasar lebih dari 10 tahun.

Saat ini, Supriatin menerima honor Rp500 ribu setiap bulannya. Kondisi ini, tidak sebanding dengan pengeluarannya untuk kebutuhan keluarga yang jauh lebih besar dari pendapatannya.

Untuk itu, dirinya meminta kepada calon bupati dan wakil bupati yang akan manggung di Pilkada 2020 untuk memperhatikan dan peduli terhadap nasib para guru honorer. Menurutnya, calon bupati harus memiliki program untuk mensejahterakan para guru honorer yang penghasilannya masih di bawah upah minimum kabupaten (UMK).

“Mungkin harapan saya dan rekan honorer pada pilbup tahun ini terpilih bupati dan wakil bupati Indramayu yang loyal terhadap nasib honorer, sayang terhadap kami  dan peduli terahdap dunia pendidikan,” ujarnya. (oni)

News Feed