oleh

Desa Limpas-Mekarsari Tekan Penyebaran Corona

-Indramayu-209 views

INDRAMAYU-Desa Limpas dan Mekarsari Kecamatan Patrol terpilih menjadi pilot project atau percontohan Kampung Tangguh Nusantara (KTN).

Pembentukan KTN yang diprakarsai Kepolisian Resrot Indramayu Sektor Patrol berkolaborasi dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Patrol ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Peresmian Desa Limpas dan Mekarsari menjadi KTN dilangsungkan Selasa (16/6). Selain Kapolsek Patrol AKP Rukman SH beserta jajaran, turut hadir Danramil 1614/Anjatan, Kapten Czi Samsudin serta Camat Patrol Teguh Budiarso SSos MSi.

“Kampung ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas sehingga bisa menekan penyebaran virus corona. Melalui program KTN ini, diharapkan efektif meningkatkan partisipasi masyarakat menangkal Covid-19,” jelas Kapolres Indramayu, AKBP Suhermanto SIK MSi melalui Kapolsek AKP Rukman SH.

Keberhasilan KTN ini akan berdampak kepada kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19 baik dari segi kesehatan, ekonomi, sosial dan keamanan. Sehingga, masyarakat secara mandiri mampu menangkal Covid-19 dengan membangun solidaritas antar warga dimasa pandemi.

Kapolsek AKP Rukman SH mengungkapkan, pembentukan KTN di Desa Limpas dan Mekarsari sudah dipersiapkan secara matang bersama Forkompimcam, Pemdes, Gugus Tugas maupun sejumlah stakeholder.

Masuk pada tahapan persiapan dilaksanakan pembentukan tim Problem Orented Policing (POP), pembentukan pengurus KTN, pelatihan tim POP serta peningkatan kapasitas pengurus KTN. Kemudian, pada tahap pelaksanaan digelar pendataan warga dan tes kesehatan awal.

“Mudah-mudahan diawali dua desa ini dan satu lagi di Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra bisa menjadi spirit sekaligus menjadi contoh desa lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Camat Patrol Teguh Budiarso SSos MSi didampingi Danramil 1614/Anjatan, Kapten Czi Samsudin mengapresiasi pembentukan kampung tangguh.

“Kami dan masyarakat sangat apresiasi KTN ini. Program ini seklaigus membuktikan bahwa sinergitas Polri, TNI dan Pemerintah semakin ini solid dan harmonis dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” tegasnya. (kho)

News Feed