oleh

PPS Harus Jaga Netralitas

-Indramayu-206 views

INDRAMAYU-Sebanyak 33 anggota PPS Kecamatan Lelea resmi dilantik di Aula Desa Tamansari, Senin (15/6).

Anggota PPS yang dilantik untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu tahun 2020  ini, berasal dari 11 desa di Kecamatan Lelea, yakni Desa Cempeh, Lelea, Tamansari, Pengauban, Tempel Kulon, Tempel, Telagasari, Langgengsari, Nunuk, Tugu, dan Tunggul payung.

Selain pelantikan oleh Ketua PPK Kecamatan Lelea Abdur Rojak SPd yang mewakili KPU Indramayu, juga dilangsungkan penandatanganan pakta integritas panitia pemungutan suara (PPS).

Dalam kesempatan itu, Ketua PPK Kecamatan Lelea, Abdur Rojak SPd meminta anggota PPS yang baru dilantik agar menjaga integritas, proposional dan independen dalam menjalankan tugas sebagai panitia pemungutan suara (PPS) desa mengawal jalannya Pilkada di Kabupaten Indramayu.

Pasalnya, setelah pelantikan mereka langsung menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu kada dengan anggota yang lain.

“Jaga kesehatan, soliditas, integritas dan jaga netralitas dalam menjalankan tugasnya untuk wujudkan Pilkada yang bersih, jujur,” jelas Rojak

Ditegaskan Rojak, netralitas, integritas, kerja profesional dan indenpenden merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari peran dan tugas pokok anggota PPS, dan mereka menjadi kunci utama, terlebih dalam menangkal isu-isu negatif.

“PPS menjadi kunci kelancaran proses pemilihan atau pemungutan suara di tingkat desa, punya tugas yang penting menyukseskan pemilihan bupati dan wakil bupati di desa, selamat jalankan tugas sebaik mungkin sebagai anggota PPS,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota PPK Endang Suharti menambahkan, anggota PPS yang baru dilantik supaya lebih disiplin dalam mengelola serta melaporkan pertanggung jawaban semua hal, karena anggaran yang digunakan dalam pilkada bersumber dari anggaran negara.

“PPS harus lebih disiplin, mampu menjalankan tugas sebaik mungkin, sukseskan tahapan-tahapan Pilkada Indramayu. Sosialisasikan kepada masyarakat untuk gunakan hak pilih, serta kawal proses pilkada tingkat desa dengan aman dan damai,” ujarnya. (oni)

News Feed