oleh

Polda Jabar Bantu Petani

-Indramayu-268 views

INDRAMAYU – Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memberikan bantuan bibit padi dan sarana produksi pertanian (saprotan) kepada petani di Kabupaten Indramayu. Polda memberikan bantuan kepada Serikat Tani Indramayu (STI).

Bantuan bibit padi dan saprotan berupa alat pompa air, pupuk dan lainnya, diserahkan melalui perwakilan Polda Jabar, AKBP Abdusalam kepada Ketua STI Mujahid, di Desa Tanjungkerta, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu, Minggu (14/6). Hadir sekaligus menyaksikan pemberian bantuan, Muspika Kroya.

Abdulsalam, mewakili Kapolda Jabar Irjen Pol Rudi Sufahriadi, mengatakan, Polda Jabar menaruh perhatian terhadap petani. Salah satunya di Kabupaten Indramayu. Dengan bantuan bibit padi dan pupuk serta saprotan, diharapkan bisa membantu kebutuhan petani.

“Bantuan pupuk yang kita berikan tersebut sebanyak 25 ton. Bibit padi 30 bungkus, pompa air sebanyak 5 unit dan alat semprot sebanyak 5 tangki. Bantuan dari Pak Kapolda ini diharapkan bisa membantu petani. Ini dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan membantu meningkatkan hasil produksi padi di Kabupaten Indramayu yang merupakan daerah lumbung padi di Jawa Barat,” ujar Abdulsalam di sela acara.

Abdusalam juga menyoroti area persawahan yang telah berubah fungsi. Karena seiring waktu, lahan sawah berdiri rumah dan pabrik. Hal tersebut tentunya akan mengurangi hasil pangan.

“Kalau rumah dan pabrik dibangun atau berdiri di atas lahan sawah, jelas akan mengurangi hasil pangan. Sementara pangan merupakan kebutuhan dasar masyarakat,” paparnya.

Selain itu, lanjut Abdusalam, masalah pangan berdampak terhadap stabilitas keamanan negara. Karena, ketika negara kekurangan pangan, akan berpengaruh terhadap kehidupan serta keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sementara, Ketua STI, Mujahid mengatakan, para petani yang tergabung dalam STI sangat berterima kasih kepada Kapolda Jabar yang menaruh perhatian dan membantu petani Indramayu. Adanya bantuan bibit padi, pupuk dan saprotan tersebut, sangat membantu petani, khususnya yang berada di wilayah selatan Kabupaten Indramayu. (kom)

News Feed