oleh

Tren Bersepeda Menjamur

-Indramayu-277 views

INDRAMAYU – Demam bersepeda sedang melanda masyarakat Bumi Wiralodra. Masyarakat mulai kembali menggemari olah raga bersepeda demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Cara ini dinilai efektif meningkatkan imun, salah satu pencegah tertular Covid-19.

Booming bersepeda ini juga melanda masyarakat di Kecamatan Anjatan. Dari pagi hingga malam, terlihat banyak pesepeda yang melintas, baik itu sendiri maupun rombongan.

“Tren bersepeda sekarang lagi menjamur. Menjadi satu alternatif olahraga yang dilakukan sebagian masyarakat di tengah pandemi virus Corona,” kata Herry, goweser asal Kecamatan Anjatan, Jumat (112/6).

Meningkatnya minat masyarakat dalam bersepeda menjadi salah satu efek tak terduga dari pandemi coronavirus. Terbatasnya ruang gerak karena PSBB membuat hobi masyarakat bersepeda akhirnya tersalurkan.

“Olahraga lain kayak main bola, voli sudah gak bisa lagi, kan kudu ramai-ramai. Jadi pilih bersepeda. Cukup muter-muter komplek sudah keluar keringat,” katanya.

Makin banyak yang senang gowes, tak ayal turut berdampak terhadap penjualan sepeda belakangan ini. Bisnis penjualan sepeda kayuh lagi moncer. “Ya, alhamdulillah. Penjualan sepeda naik terus,” ucap Wawan, penjual sepeda di Kecamatan Haurgeulis, kemarin.

Dia merasakan, bisnis penjualan sepeda mulai meningkat sejak pandemi virus Corona. Ditambah lagi semakin membaiknya infrastruktur jalan di desa-desa. Jalan lingkungan yang sudah mulus bahkan dicor beton, makin mendongkrak angka penjualan.

Sebelumnya paling banyak jenis sepeda gunung, pixi dan sepeda balap, kini sepeda untuk anak-anak laris manis. Terutama yang dilengkapi dengan bunyi-bunyian atau sirine dan roda bantu. “Sepeda untuk anak-anak yang paling naik angkanya, harganya di kisaran Rp300 sampai Rp700 ribuan. Yang di atas satu juta jarang,” sebutnya.

Sejak dua bulan lalu bersamaan dengan masa pandemi Covid-19, penjualan sepeda untuk orang dewasa juga melonjak cukup tajam. Pembelinya sebagian besar adalah para pegawai dan karyawan.

Mereka umumnya memilih sepeda yang harganya terjangkau dengan kualitas dan model yang sudah lumayan. Harganya mulai Rp1,2 juta sampai Rp3 jutaan. Sedang warna yang paling diminati adalah hitam, putih, merah, dan warna kombinasi ketiganya. (kho)

News Feed