oleh

Gencar Sosialisasi Jelang New Normal

INDRAMAYU- Jelang berakhirnya pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan diberlakukannya new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB), Pemcam Jatibarang mengumpulkan pengurus masjid, kemarin.

Para pengurus masjid yang berjumlah 20 orang itu, diberikan pemahaman tentang tata cara pelaksanaan ibadah yang harus tetap menerapkan protokol kesehatan bagi jamaahnya.

Camat Jatibarang Indra Mulyana AP MSi menyebutkan, semua unsur masyarakat Jatibarang mulai dari pelaku usaha, dan pengurus tempat ibadah di Kecamatan Jatibarang telah dikumpulkan dalam upaya menyiapkan diri pelaksanaan adaptasi kehidupan baru setelah pelaksanaan PSBB tahap III berakhir Jumat (12/6).

“Kami memberikan imbauan terkait adaptasi kebiasaan baru bagi pelaku usaha, pengurus masjid dan elemen masyarakat lainnya sehingga bisa dijadikan pedoman bersama pernyataan dalam menjaga Jatibarang tetap zero Covid-19,” ujarnya sambil mengatakan jika selama PSBB, Jatibarang menjadi daerah yang zero Covid-19.

Dijelaskan Indra, dalam pelaksanaan ibadah pengurus diharuskan mengatur jarak antara jamaah di satiap shaf dengan memberikan tanda di setiap shafnya, serta menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun.

Sedangkan bagi pelaku usaha, lanjut Indra, karyawannya diharuskan menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, pengaturan antrean serta keluar masuk pelangga harus menjaga jarak dan menggunakan masker.

“Memang di Jatibarang sudah ada masjid yang melaksanakan itu semua, tinggal diikuti masjid lainnya. Bagi tempat usaha sudah mulai bergerak, nanti kita tinjau kita beri label mana tepat usaha yang layak buka, tentunya yang sudah menerapkan protokol kesehatan, bagi masyarakat diwajibkan mengenakan masker setiap melakukan aktivitasnya,” ujarnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Jatibarang Junedi mengatakan, langkah sosialisasi yang masif oleh Muspika Jatibarang, merupakan upaya mempersiapkan aktivitas baru masyarakat di saat pandemi Covid-19.

Sehingga, lanjut Junedi, bida dijadikan acuan dan rambu-rambu bagi masyarakat Indramayu tetap menjalankan aktivitasnya.

Untuk itu, dibutuhkan kesadaran masyarakat agar tetap mengikuti arahan dan instruksi pemerintah selama pandemi Covid-19 yang belum dinyatakan hilang. “Butuh kesadaran masyarakat, tetap ikuti arahan pemerintah, gunakan masker dan jaga kesehatan,” ujarnya. (oni)

News Feed