oleh

Waspadai Hama Penggerek Batang Padi

-Indramayu-291 views

INDRAMAYU-Memasuki musim tanam gadu, POPT Bangodua mengajak petani untuk mewaspadai hama penggerek batang padi. Untuk itu, pihak POPT Bangodua gencar melakukan sosialisasi gerakan pengendaliaan hama itu.

Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), Toto Suharto SP menyebutkan, gerakan pengendalian hama penggerek batang padi (PBP) adalah sebagai upaya untuk mengamankan hasil produksi tanaman padi di Indramayu sebagai lumbung padi di Jawa Barat, dan salah satu daerah penyangga kebutuhan pangan daerah.

“Kami melakukan edukasi secara langsung pada petani tentang hama PBP agar petani paham bagaiamana cara mengendalikan serangan hama ini,” terangnya.

Ditegaskan Toto, Hama penggerak batang perlu diwaspadai petani karena bisa menyebabkan kerusakan sampai kerugian yang besar bagi petani. “Hama PBP adalah hama utama tanaman padi,” tandas Toto.

Untuk mengurangai dampaknya, lanjut Toto, perlu dilakukan gerakan pengendalian hama sejak dini sebagai langkah awal untuk mengatisipasi serangan hama tersebut melalui gerakan pengendalian hama secara terpadu atau menggunakan musuh alami hama penggerek batang.

“Kalau istilah penyakitnya petani menyebutkan dengan kata sundep dan beluk ini sama penyebabnya hama PBP. Petani harus lebih peka dalam menghadapi serangan hama PBP kendalikan secara cepat dan tepat,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang petani, Sodik (42) menilai, langkah POPT yang memberikan arahan terkait pengendalian hama penggerek batang kepada para petani menjadi pencerahan bagi mereka.

Sehingga, mereka siap untuk mengatasi serangan hama sundep dan beluk, yang menjadi musuh tanaman padi yang dapat mengakibatkan terjadinya gagal panen. (oni)

News Feed